Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma Bisa Diunduh 26 September, Ini Daftar Mac yang Kebagian

Kompas.com - 14/09/2023, 10:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan sistem operasi (OS) untuk komputer dekstop MacOS Sonoma bulan Juni lalu di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, Apple akhirnya resmi mengumumkan jadwal ketersediannya.

Dalam acara Apple Event bertajuk "Wonderlust", Apple mengatakan MacOS Sonoma bisa diunduh mulai 26 September 2023.

Sebagai OS generasi baru, macOS Sonoma dilengkapi dengan segudang fitur. Beberapa di antaranya yaitu widget dekstop interaktif, screensaver yang mirip Apple TV, fitur pendukung panggilan video, dan mode untuk bermain game.

Di MacOS Sonoma, widget ditempatkan menyatu dengan wallpaper. Berkat fitur Continuity besutan Apple, pengguna bisa memakai widget yang sama seperti di iPhone, untuk dipasang di perangkat Mac.

Untuk panggilan video, Apple menambahkan beberapa fitur, termasuk fitur berbagi layar (screen sharing) untuk panggilan video serta fitur Presenter Overlay yang memungkinkan pembicara tampil dalam bingkai kecil di atas materi yang dibagikan. Pengguna juga bisa membagikan reaksi selama sesi panggilan video.

Baca juga: iOS 17 dan MacOS Sonoma Sudah Dukung Passkey Apple ID

Adapun mode game dirancang agar frame rate permainan bisa meningkat, tetapi latensinya tetap rendah selama game dijalankan. Latensi yang dimaksud dalam hal ini termasuk untuk audio game yang didengarkan melalui AirPods serta latensi untuk input dari controller game.

Secara teknis game mode di MacOS Sonoma mengerahkan CPU dan GPU perangkat untuk menunjang jalannya permainan secara optimal.

Browser Safari di MacOS Sonoma juga mendapat fitur baru, salah satunya yaitu profil browser yang bisa mamisahkan penelusuran berdasarkan topiknya, misalnya untuk pekerjaan atau penelusuran personal. Selain itu, Safari di MacOS Sonoma juga diklaim lebih responsif.

Ada pula fitur Private Browsing untuk Safari, yang diklaim memberikan perlindungan lebih optimal bagi pengguna dari orang lain yang punya akses perangkatnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Apa Itu Game Mode yang Ada di MacOS Sonoma?

Adapun perangkat yang mendukung MacOS Sonoma secara umum yaitu perangkat Mac yang rilis tahun 2018 atau lebih baru. Namun ada satu model Mac yang rilis tahun 2017 yang juga mendukung MacOS Sonoma. Berikut rinciannya.

Daftar perangkat yang kebagian macOS Sonoma

  • MacBook Pro: 2018 atau setelahnya
  • MacBook Air: 2018 atau setelahnya
  • Mac mini: 2018 atau setelahnya
  • iMac: 2019 atau setelahnya
  • iMac Pro: 2017
  • Mac Studio: 2022 atau setelahnya
  • Mac Pro: 2019 atau setelahnya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com