Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genshin Impact Maintenance Hari Ini, Pemain Tidak Bisa Login sampai Pukul 10.00 WIB

Kompas.com - 27/09/2023, 06:53 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Hoyolab

KOMPAS.com - Hoyoverse merilis update untuk game "Genshin Impact" hari ini, Rabu (27/9/2023). Pembaruan versi 4.1 tersebut akan membawa konten baru, termasuk bab ketiga dan keempat dari misi cerita (Archon Quest), di area "Fontaine".

Kemudian, ada juga event karakter (banner) terbaru yang dibagi menjadi dua fase. Fase pertama yaitu 27 September sampai 17 Oktober, akan menghadirkan karakter bintang lima baru dengan elemen air (Hydro), Neuvillette, dan karakter bintang lima elemen api (Pyro), Hu Tao.

Sementara itu, fase kedua (17 Oktober - 7 November) akan menghadirkan karakter bintang lima baru dengan elemen es (Cryo), Wriothesley, dan karakter bintang lima elemen angin (Anemo), Venti.

Sebelum update tersebut dirilis, Hoyoverse akan melakukan proses perbaikan alias maintenance pada server "Genshin Impact". Berikut ini jadwal maintenance "Genshin Impact" 4.1:

Maintenance server ini akan berlangsung selama kurang lebih lima jam. Artinya, pemain "Genshin Impact" di Indonesia tidak akan bisa login ke dalam game hingga pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Hoyoverse Perbaiki Bug Genshin Impact yang Bisa Merusak Game

Setelah proses maintenance berakhir, pemain bisa mengeklaim hadiah berupa Primogems gratis, sebagai kompensasi dari berlangsungnya proses maintenance. Primogems dapat diklaim dengan membuka kotak masuk (inbox) pemain di dalam game.

Totalnya, ada sebanyak 300 Primogems yang bisa diklaim gamer. Catatannya, kompensasi tersebut harus diklaim sebelum perilisan update berikutnya, yaitu versi 4.2, yang diperkirakan bakal hadir sekitar bulan November.

Ukuran file Genshin Impact versi 4.1

Dua karakter baru di Genshin Impact 4.1, Neuvillette (kiri) dan Wriothesley (kanan)Sportskeeda Dua karakter baru di Genshin Impact 4.1, Neuvillette (kiri) dan Wriothesley (kanan)
Pengguna sudah bisa mengunduh (pre-load) "Genshin Impact" 4.1 sebelum proses maintenance dimulai.

Pantauan KompasTekno, ukuran file update "Genshin Impact" 4.1 di platform komputer (PC) adalah 14,21 GB. Setelah diunduh, file tersebut akan di-unpack dan membutuhkan kapasitas media penyimpanan (storage) sebesar 29,04 GB.

Sementara itu, ukuran update "Genshin Impact" 4.1 di iOS adalah 3,2 GB, sedangkan di Android mencapai 4,28 GB.

Tidak diketahui besar file update game tersebut di platform PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation 4 (PS4). Sebab, duo konsol Sony tersebut tidak mendukung fitur pre-load untuk "Genshin Impact".

Dengan demikian, pengguna PS5 dan PS4 baru bisa mengunduh pembaruan, begitu proses maintenance berakhir.

Adapun cara memperbarui "Genshin Impact" ke versi 4.1 di platform iOS dan Android, dapat dilakukan dengan membuka game tersebut, kemudian mengakses menu "Settings" > "Resources" > "Pre-Install Resource Package".

Baca juga: NetEase Umumkan Project Mugen, Game Mirip Genshin Impact dan GTA

Cara download update Genshin Impact 4.1 di iOS dan AndroidKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara download update Genshin Impact 4.1 di iOS dan Android
Alternatifnya, tombol menu tersebut juga bisa diakses dengan mengeklik ikon "Pre-Install Resource Package" yang tampil di laman login "Genshin Impact", sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs HoyoLab, Rabu (27/9/2023).

Cara download update Genshin Impact 4.1 di PCKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Cara download update Genshin Impact 4.1 di PC
Pembaruan di platform PC, bisa dilakukan dengan membuka launcher game tersebut, lalu mengeklik tombol "Game Pre-Installation Get Now", yang terletak di sebelah kiri tombol "Launch".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com