Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch Generasi Pertama Divonis "Kuno", Apa Artinya?

Kompas.com - Diperbarui 04/10/2023, 06:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Semua model Apple Watch generasi pertama yang dirilis pada tahun 2015 ditambahkan ke daftar produk usang/kuno (obsolete) oleh Apple pada tanggal 30 September 2023. Hal ini dilaporkan oleh outlet MacRumors berdasarkan memo internal Apple yang dilihatnya.

Lantas apa artinya bila Apple Watch generasi pertama dicantumkan dalam obsolete list atau daftar perangkat kuno Apple?

Obsolete list Apple memuat nama-nama perangkat Apple, termasuk Apple Watch yang dianggap kuno dan ketinggalan zaman.

Apple memiliki definisi sendiri terkait obsolete list ini. Menurut Apple, produk bikinannya dianggap sebagai barang obsolete  atau kuno ketika Apple sudah berhenti mendistibusikan dan menjual perangkat ini lebih dari tujuh tahun yang lalu.

Baca juga: iPhone 6 Kini Dianggap HP Kuno

Jam tangan pintar (smartwatch) Apple ini pertama kali dirilis pada April 2015. Ketika itu, selain versi biasa, Apple turut merilis Apple Watch Edition generasi pertama "sultan" karena menggunakan casing emas 18 karat. Apple Watch "sultan" itu dijual seharga 17.000 dollar AS, sekitar Rp 265 juta apabila dikonversi dengan nilai mata uang hari ini (1 dollar AS = Rp 15.599).

Apple Watch generasi pertama alias "Series 0" juga hadir dalam versi aluminium dan baja tahan karat 38 mm dan 42 mm hingga Apple Watch varian Hermès.

Apple Watch asli dihentikan produksinya pada bulan September 2016, setelah peluncuran model Apple Watch Seri 2 dan Seri 1.

Dengan begitu, tahun 2023 ini menandai tepat tujuh tahun setelah Apple resmi mendistribusikan Apple Watch generasi pertama. Oleh karena itu, seluruh model Apple Watch generasi pertama itu kini dikategorikan sebagai perangkat kuno dan ketinggalan zaman.

Apple Watch generasi pertama berlapis emas 18 karat.The Verge Apple Watch generasi pertama berlapis emas 18 karat.
Setelah masuk daftar obsolete list, Apple Watch generasi pertama tidak lagi memenuhi syarat untuk diperbaiki atau layanan servis lainnya di toko resmi Apple dan lokasi Penyedia Layanan Resmi Apple.

Pemilik Apple Watch generasi pertama ini juga tidak bisa lagi memesan suku cadang (spare part) untuk mengganti elemen smartwatch yang rusak, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (3/10/2023).

Baca juga: Nyawa Seorang Pelari Selamat berkat Apple Watch

Laris-manis di pasar

Ketika dirilis pada 2015, Apple Watch generasi pertama dilaporkan langsung laris-manis di pasaran. Pasalnya, Apple Watch diestimasikan terjual 2 juta hingga 4,2 juta unit dalam kurun waktu tiga bulan setelah debut global.

Apple Watch generasi pertama itu langsung mendominasi pasar jam tangan pintar dengan pangsa pasar (martket share) sebesar 75,5 persen, sebagaimana dihimpun dari Vox.

Analis mencatat, debut Apple Watch generasi pertama itu menjadi peluncuran jam tangan pintar paling sukses hingga saat ini. Belum ada peluncuran smartwatch lain yang mendekati pencapai debut tiga bulan Apple Watch generasi pertama tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com