Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel 8 Baru Meluncur, Bocoran Pixel 8a Sudah Beredar

Kompas.com - 12/10/2023, 14:21 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Usai merilis Pixel 8 dan Pixel 8 Pro pada awal Oktober kemarin, Google dikabarkan akan memperkenalkan smartphone versi “murah” dari Pixel 8 seriesnya itu, yang bernama Pixel 8a.

Google Pixel 8a akan diposisikan sama seperti Pixel 7a di Pixel 7 series, yakni dengan banderol harga lebih murah serta spesifikasi yang lebih ringan.

Kabarnya, smartphone ini segera meluncur beberapa bulan mendatang dan mengadopsi bahasa desain yang mirip Pixel 8.

Menurut bocoran pembuat render HP kenamaan, OnLeaks, Pixel 8a akan mengadopsi bodi dengan sudut membulat di keempat sisinya, mirip dengan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro.

Baca juga: Pengiriman HP Google Pixel Naik, Setahun Tembus 10 Juta Unit

Ponsel datang dengan layar datar (flat) dan dihiasi poni punch hole untuk menampung kamera selfie di tengah atas layar. Layar juga dirancang dengan bezel (bingkai layar) yang cukup tipis.

Hanya saja, bezel Pixel 8a terlihat sedikit lebih menonjol ketimbang Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Pixel 8a disinyalir tampil dengan layar seluas 6,1 inci.

Ilustrasi bocoran Google Pixel 8a dari sisi bagian samping, depan, dan belakangOnLeaks Ilustrasi bocoran Google Pixel 8a dari sisi bagian samping, depan, dan belakang

Sementara itu, bagian punggung Pixel 8a terlihat identik dengan Pixel 8 “reguler”. Sebab, Pixel 8a dihiasi modul kamera berbentuk persegi panjang yang memanjang horizontal dari kanan ke kiri. Perangkat juga terlihat memiliki dua sensor kamera belakang dan satu lampu kilat.

Modul kameranya juga cukup menonjol ketimbang cangkangnya. Kesamaan-kesamaan bahasa desain seperti itu yang membuat Pixel 8a lebih mirip dengan Pixel 8 ketimbang Pixel 8 pro.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (12/10/2023), Pixel 8a konon memiliki dimensi bodi 152,1 mm (tinggi), 72,6 mm (lebar), dan 8,9 mm (ketebalan). Ukurannya disebut sama seperti pendahulunya, Pixel 7a.

Baca juga: Google Pixel Watch 2 Resmi, Sensor Baru Lebih Akurat Baterai Lebih Hemat

Di bodi bagian kanan, terdapat dua tombol dengan ukuran berbeda. Keduanya diyakini sebagai tombol pengeras volume dan tombol daya. Sementara itu, bagian bawahnya terdapat port USB-C untuk pengisian daya dan speaker stereo.

Sementara itu, bodi bagian kiri terdapat slot kartu SIM. Bagian atas terlihat seperti antena dan lubang suara berteknologi ultra-wideband. Terakhir, terdapat pita antena seluler yang muncul di sisi atas, kiri, dan kanan Pixel 8a.

Pakai chip Tensor G3?

Merujuk pada bocoran lain, terdapat smartphone garapan Google yang diberi kode nama “Google Akita”. Smartphone tersebut muncul di situs benchmark, Geekbench dan diyakini sebagai Pixel 8a.

Bocoran hasil benchmark chip Tensor G3 yang ada di Google Pixel 8aOnLeaks Bocoran hasil benchmark chip Tensor G3 yang ada di Google Pixel 8a

Geekbench mencatat bahwa Pixel 8a mengandalkan chipset Tensor G3 versi underclock. Chip terdiri dari sembilan inti yang terbagi menjadi tiga klaster. Klaster pertama adalah empat inti berkecepatan 1,7 GHz, klaster kedua adalah empat inti berfrekuensi 2,37 GHz, dan satu indi 2,91 GHz.

Baca juga: Mengenal Tensor, Chip Buatan Google yang Debut di Pixel 6

Saat diuji performa satu inti (single-core) Tensor G3 di Pixel 8a, Geekbench mencatat skornya sebesar 1.218 poin, sedangkan untuk performa dari beberapa inti (multi-core) mencapai 3.175 poin.

Hasil uji coba ini meyakini Google mempertahankan spesifikasi hardware dari smartphone-nya dan berfokus untuk mengoptimalkan performa Pixel 8a.

Tensor G3 juga disebut dipadankan dengan kartu pengolah grafis (GPU) Mali-G715. Lalu, akan dipadu dengan RAM 4 GB dan menjalankan sistem operasi Android 14.

Mengingat spesifikasi ini masih bersifat kabar burung dan belum dapat dipastikan kebenarannya, kemungkinan ada perubahan desain/spesifikasi menjelang peluncuran resminya nanti. Google juga belum mengumbar jadwal dari peluncuran Pixel 8a.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com