Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Web Browser, serta Fungsi, Cara Kerja, dan Contohnya

Kompas.com - 14/10/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Browser atau web browser telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam aktivitas mengakses internet. Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet.

Oleh karena itu, pengguna yang tengah belajar mengakses internet, kiranya penting untuk mengetahui soal web browser. Pengguna yang sudah mahir mengakses internet mungkin sudah tak asing lagi dengan web browser.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Akan tetapi, tak semua pengguna telah mengerti web browser, apalagi mereka yang baru belajar mengakses internet. Bila baru belajar mengakses internet dan belum tahu soal browser, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan soal browser secara lengkap, mulai dari apa itu browser hingga macam-macamnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan web browser? Untuk yang pertama soal pengertian web browser, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Pengertian web browser

Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW). Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Dikutip dari Javat Point, browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Ketika pengguna meminta konten, baik berupa gambar, teks, maupun video, dari suatu website, browser bakal menghubungi server dari website tersebut (server web).

Atas nama pengguna, browser mengirimkan permintaan ke server web yang ada di jaringan internet dengan menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Setelah dihubungi, server web akan mengirimkan file konten yang diminta oleh pengguna ke browser. Selanjutnya, browser bakal menampilkan konten yang sesuai permintaan ke layar perangkat pengguna.

Sebagai contoh, pengguna ingin membuka website Google.com maka browser bakal menghubungi server dari website tersebut. Selanjutnya, browser akan menampilkan seluruh konten dari website Google.com.

Sebuah browser memerlukan smartphone, komputer, atau tablet serta koneksi internet supaya dapat dipakai untuk browsing atau menjelajah informasi di jaringan internet.

Dengan web browser, pengguna dapat menjelajahi semua informasi dan konten online lainnya di internet melalui perangkat-perangkat tersebut. Itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan web browser.

Fungsi browser

Dari pengertian itu, lantas apa fungsi browser? Browser memiliki beberapa fungsi yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses internet. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fungsi browser:

1. Membuka halaman website

Browser berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam membuka halaman website di internet melalui alamat URL. Web browser dapat mengarahkan pengguna ke halaman website sesuai dengan alamat URL yang ingin dituju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com