Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Rilis Fitur Stories, Khusus Streamer yang Memenuhi Syarat

Kompas.com - 17/10/2023, 18:06 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform live streaming yang kerap digunakan para pencinta game, Twitch, meluncurkan fitur Stories. Fitur ini hadir di aplikasi Twitch iOS dan Android, Selasa (17/10/2023).

Seperti di Instagram atau Facebook, fitur Stories di Twitch juga memungkinkan para streamer untuk mengunggah gambar, video pendek, atau konten yang akan menghilang setelah melewati batas waktu tertentu.

Konten yang diunggah di Stories Twitch akan menghilang dengan sendirinya setelah 48 jam.

"Dengan mengimplementasi Stories ke Twitch, kami memudahkan Anda menjangkau komunitas langsung di Twitch, melalui posting singkat yang akan hilang dalam 48 jam," kata Eduardo Fenili selaku Senior Product Manager Twitch lewat blog resmi platform tersebut.

Berdasarkan posting dari akun resmi Twitch di media sosial X (dahulu Twitter), cara membuat Stories di Twitch juga sama dengan fitur serupa yang sudah ada di media sosial lain.

Streamer bisa menambahkan gambar, video, emotikon, dan teks sesuka hati pada Stories. Bedanya, streamer akan memilih apakah Stories tersebut bisa dilihat semua orang atau hanya pelanggan (subscribers) yang sudah membayar biaya langganan saja.

Baca juga: Twitch Rilis Fitur Video Vertikal Mirip TikTok

Pengguna bisa melihat Stories yang diunggah para streamer, di menu "Stories", tepatnya di bagian paling atas jendela "Following". Pengguna dapat memberikan reaksi emotikon untuk Stories yang dilihat.

Pantauan KompasTekno, menu Stories juga sudah muncul di perangkat Android kami. Agar muncul, pengguna mesti mengunduh aplikasi Twitch versi terbaru yaitu 16.6.2.

Meski demikian tidak semua pengguna bisa mengunggah konten di fitur Stories mereka. Sebab, hanya streamer atau pengguna yang tergabung dalam program Twitch Affiliate dan Twitch Partner saja yang bisa menunggah konten di Stories.

Jika belum familier, Twitch Affiliate adalah program untuk streamer yang memenuhi syarat, untuk memonetisasi kanal Twitch mereka.

Contoh syaratnya, streamer mesti memiliki minimal 50 pengikut (followers), sudah streaming selama delapan jam, dan mencapai rata-rata penonton (viewers) hingga tiga orang.

Sementara itu, Twitch Partner merupakan tingkat lebih tinggi dari Affiliate, karena menawarkan lebih banyak benefit kepada streamer, misalnya beragam fitur tambahan dan penghasilan yang lebih tinggi.

Untuk menjadi Twitch Partner, pengguna mesti tergabung dalam Twitch Affiliate terlebih dahulu.

Twitch Partner dan Affiliate bisa membuat Stories, jika sudah melakukan satu stream selama 30 hari terakhir.

Akses untuk streamer yang memenuhi syarat akan digelontorkan secara bertahap pada akhir minggu ini. Fenili mengatakan akses juga kemungkinan akan digelontorkan untuk lebih banyak streamer seiring berjalannya waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com