Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO HP: Pasar PC Global Membaik, Indonesia Harus Tumbuh

Kompas.com - 31/10/2023, 15:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden sekaligus CEO HP Inc., Enrique Lores, optimistis bahwa pasar PC (komputer desktop/laptop) global akan terus membaik, terutama pada 2024.

Lores mengatakan, pasar PC Indonesia dengan potensi yang besar harus menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan yang tinggi untuk perusahaan.

Hal itu diungkapkan Lores ketika bertemu KompasTekno secara eksklusif di kantor HP Indonesia, Menteng, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2023).

Lores mengatakan, saat pandemi, orang-orang memang memborong PC untuk mendukung WFH. Namun, setelah pandemi, Lores melihat adanya penurunan penjualan.

Kendati demikian menurut Lores, pada kuartal sebelumnya, pasar PC secara global sudah menunjukkan stabilisasi.

"Jadi, kami percaya diri pasar PC akan terus tumbuh di 2024 dan seterusnya," kata Lores kepada KompasTekno.

Hal tersebut sejalan dengan laporan Firma riset pasar International Data Corporation (IDC).

Menurut IDC, pasar PC global masih lesu dengan total pengiriman (shipment) 68,2 juta unit PC pada kuartal II (Juli-September) 2023.

Angka tersebut mencerminkan penurunan pada volume pengiriman PC dunia, yakni sebesar 7,6 persen dari tahun lalu (year-on-year/YoY).

Meski begitu, volume pengiriman PC tersebut jauh lebih membaik dibandingkan kuartal I-2023 (Januari-Maret) dan kuartal II-2023 (April-Juni).

Menurut laporan IDC, HP menjadi vendor PC terbesar kedua di dunia.

Selama Juli-September 2023, HP tercatat memiliki volume pengiriman 13,5 juta unit dengan market share sebesar 19,8 persen.

Baca juga: Kabar Baik untuk Industri PC dan Smartphone Dunia

5 besar vendor PC global kuartal III-2023 versi IDC. Pasar PC global masih lesu dengan total pengiriman (shipment) 68,2 juta unit PC pada kuartal III (Juli-September) 2023. Angka tersebut mencerminkan penurunan pada volume pengiriman  PC dunia, yakni sebesar 7,6 persen dari tahun lalu (year-on-year/YoY).IDC 5 besar vendor PC global kuartal III-2023 versi IDC. Pasar PC global masih lesu dengan total pengiriman (shipment) 68,2 juta unit PC pada kuartal III (Juli-September) 2023. Angka tersebut mencerminkan penurunan pada volume pengiriman PC dunia, yakni sebesar 7,6 persen dari tahun lalu (year-on-year/YoY).
Potensi besar pasar PC Indonesia

Lores meramalkan, pasar PC Indonesia akan tumbuh lebih signifikan lagi, mengingat ekonomi Indonesia yang baik dan potensi pasar yang sangat besar.

Bos HP sejak 2019 ini mengatakan bahwa Indonesia memiliki angka penetrasi PC yang relatif rendah.

Menurut data Statista, baru ada sekitar 16,64 persen orang di kawasan urban (kota-kota besar) yang menggunakan PC/laptop. Tingkat penetrasi komputer personal makin kecil di wilayah rural/pedesaan, yakni 6,37 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com