Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Umumkan "Indexing Mobile First" Selama 7 Tahun Akhirnya Selesai

Kompas.com - 03/11/2023, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google kini benar-benar memprioritaskan pengguna mesin pencarian (search engine) Google Search versi seluler (mobile/smartphone). Hal itu ditandai dengan dirampungkannya sistem yang disebut Google sebagai "mobile-first indexing" setelah tujuh tahun lamanya.

Sistem ini secara umum membuat seluruh situs web di Google Search harus ramah perangkat seluler (mobile friendly), seperti smartphone dan tablet.

Hal ini harus menjadi perhatian pemilik situs (site-owner/web master) di Google Search. Dengan begitu, situs web miliknya akan bisa ditemukan (crawling), dimasukkan ke Google Index (indexing), di-ranking, terakhir ditampilkan di halaman pencarian Google Search.

"Perjalanan dari sana ke sini sangat panjang. Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa perjalanan menuju Pengindeksan Mobile First kini telah selesai," tulis Search Advocate Google, John Mueller di laman Google Search Central Blog, Selasa (31/10/2023).

Seperti namanya, mobile-first indexing merujuk pada sistem pengindeksan situs web di Google Search yang mengutamakan keramahan situs web untuk perangkat seluler (mobile-friendly). Sistem ini hadir dengan tujuan meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) ketika mengakses konten via Google Search di perangkat seluler.

Situs web yang mobile friendly memungkinkan pengguna (user) nyaman melakukan browsing di smartphone. Misalnya, pengguna tak perlu menyesuaikan ukuran teks atau gambar untuk membaca konten ketika mengakses via aplikasi Google Search mobile.

Menurut Google, selama bertahun-tahun, lalu lintas web via koneksi seluler terus meningkat. Bahkan di beberapa daerah, masyarakat hampir secara eksklusif menggunakan ponsel mereka untuk mengakses internet.

Butuh waktu 7 tahun

Hal ini membuat Google Search semakin fokus pada perangkat seluler mulai 2015, dengan meluncurkan pembaruan sistem ramah seluler "mobile-first indexing". Namun, penerapan sistem baru ini ternyata memakan waktu yang cukup lama, bahkan Google berkali-kali melewati batas tenggat waktu (deadline) yang ditetapkannya sendiri.

Google pertama kali memperkenalkan pengindeksan yang mengutamakan seluler pada November 2016. Pada Desember 2018, Google menyebut, baru setengah dari semua situs di hasil penelusuran Google berasal dari sistem "mobile-first indexing" yang baru.

Kemudian pada awal Maret 2020, sebelum lockdown pandemi diberlakukan di berbagai penjuru dunia, Google menetapkan deadline bagi semua situs untuk beralih ke sistem mobile-first indexing, yakni pada September 2020.

Pada saat itu, Google berkata, “untuk menyederhanakan, kami akan beralih ke pengindeksan yang mengutamakan seluler untuk semua situs web mulai September 2020".

Namun, deadline itu berubah lagi. Pada Juli 2020, Google kembali memindahkan tenggat waktu tersebut ke Maret 2021. Pun, tenggat waktu ini dilewati.

Baru pada 31 Oktober 2023 atau setelah hampir 7 tahun, peralihan pengindeksan situs web di Google Search ke sistem mobile-first indexing yang mobile friendly itu benar-benar rampung. 

Baca juga: Sejarah Google, Raksasa Mesin Pencari yang Hampir Dijual Murah

Mayoritas situs web di-crawling pakai Googlebot smartphone

Cara search engine Google search bekerja. Pengguna mempublikasi konten di situs web. Kemudian, Googlebot akan menemukan (crwaling) situs web pengguna. Google mereview dan mengindeks situs web ke Google index. Jika halaman pengguna memenuhi kriteria ranking, Google akan menampilkan halaman situs pengguna di hasil pencarian sesuai kueari pengguna.Semrush Cara search engine Google search bekerja. Pengguna mempublikasi konten di situs web. Kemudian, Googlebot akan menemukan (crwaling) situs web pengguna. Google mereview dan mengindeks situs web ke Google index. Jika halaman pengguna memenuhi kriteria ranking, Google akan menampilkan halaman situs pengguna di hasil pencarian sesuai kueari pengguna.
Google menemukan laman web melalui proses yang disebut perayapan (crawling). Biasanya proses crawling menggunakan program komputer yang disebut web crawler atau disebut bot atau spider. Google punya web crawler yang disebut "Googlebot".

Nah, dengan diberlakukannya sistem "mobile-first indexing", kini Google lebih banyak menggunakan Googlebot versi smartphone. Googlebot versi smartphone itu diprioritaskan untuk menemukan halaman website versi mobile. Salah satu metriknya adalah situs web yang mobile friendly.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com