Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel dan ITB Bangun Lab Riset Pemanfaatan 5G

Kompas.com - 17/12/2023, 17:15 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menggandeng Insititut Teknologi Bandung (ITB) untuk mengembangkan teknologi jaringan 5G di Indonesia. Bentuk kerja sama antarkeduanya adalah membangun Laboratorium 5G Hive.

Telkomsel bersama ITB akan bersama-sama melakukan riset inovatif yang berfokus pada pengembangan ekosistem jaringan 5G dan pemanfaatan use case 5G di tingkat lanjutan, mulai dari Smart City, Internet of Things (IoT), hingga Artificial Intelligence (AI/kecerdasan buatan).

Vice President Coorporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan bahwa kerja sama ini diharapkan bisa menjadi terobosan baru, sekaligus pionir inovasi teknologi 5G di Indonesia.

Baca juga: Telkomsel Siapkan 5G Kecepatan 7 Gbps, Gandeng Ericsson dan Qualcomm

“Kami harap kolaborasi yang merupakan bagian dari implementasi prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) dapat menjadikan 5G Hive sebagai pusat inovasi yang dapat mengembangkan dan menyiapkan talenda digital,” jelas Saki dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Minggu (16/12/2023).

Kolaborasi yang dijalin juga membuat Telkomsel dan ITB mengambil inisiatif dan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mengembangkan keterampilan tenaga kerja.

Sebab, Telkomsel berkomitmen untuk mewujudkan ekosistem digital yang inklusif dan berdampak luas bagi masyarakat, serta kemajuan industri.

Senada dengan pernyataan Saki, Profesor Gede Wenten selaku Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB mengungkapkan, pihaknya akan mengerahkan keahlian sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki masing-masing institut, demi memaksimalkan potensi inovasi 5G.

Mahasiswa ITB yang sedang memperagakan hasil pengembangan IoT untuk berbagai aplikasi bagi smart home, meliputi aplikasi bagi smart home, solusi industri, inovasi B2B seperti drone application pada Laboratorium Riset 5G HiveTelkomsel Mahasiswa ITB yang sedang memperagakan hasil pengembangan IoT untuk berbagai aplikasi bagi smart home, meliputi aplikasi bagi smart home, solusi industri, inovasi B2B seperti drone application pada Laboratorium Riset 5G Hive

Nantinya, hasil kolaborasi yang dijalin bakal mencakup beberapa area krusial yang dinilai punya potensi. Misalnya, optimasi jaringan 5G guna meningkatkan kinerja jaringan, kecepatan akses internet untuk menawarkan pelayanan masyarakat yang lebih baik, dan mengembangkan aplikasi drone untuk keperluan industri.

Baca juga: Membandingkan Kecepatan 4G dan 5G Telkomsel, Seberapa Jauh Bedanya?

Adapun Telkomsel dan ITB akan menghadirkan Smart Video Analitic, riset di bidang analisis video canggih untuk keamanan dan manajemen data. Hal tersebut nantinya dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas telkomsel menyediakan solusi bertenaga AI di sektor bisnis.

Untuk pengembangan IoT, rencananya Telkomsel dan ITB bakal mengeksplorasi teknologi IoT di berbagai aplikasi smart home, melakukan penelitian yang berfokus pada prinsip ESG, serta inovasi teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) untuk membuka peluan baru.

“Lewat kolaborasi ini, kami menyatukan visi untuk merancang struktur masa depan digital Indonesia lewat pemanfaatan teknologi dengan mengoptimalkan aset dan kapabilitas infrastruktur teknologi yang dimiliki Telkomsel, serta keunggulan akademik ITB,” imbuh Gede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com