Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Patenkan Layar Ultrawide yang Bisa Digulung untuk Laptop

Kompas.com - 19/02/2024, 16:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber WCCF Tech

KOMPAS.com - Untuk menjaga keringkasannya, perangkat laptop hanya memiliki layar yang berukuran tak terlalu lebar. Beberapa pabrikan berusaha mengatasi keterbatasan ini.

Salah satunya adalah Lenovo yang belakangan diketahui mematenkan konsep layar ultrawide yang bisa digulung untuk laptop. Keberadaan paten tersebut diungkapkan oleh situs Pigtou.

Ilustrasi di dalam paten menunjukkan bahwa layar gulung Lenovo (kemungkinan OLED) terdiri dari dua bagian. Bagian pertama yang bersifat statis ditempatkan di tengah dan berfungsi sebagaimana layar laptop pada umumnya. Dimensinya pun sama dengan ukuran laptop.

Baca juga: Laptop Layar Putar Lenovo ThinkBook Plus Twist Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Ilustrasi laptop Lenovo dengan layar ultrawide yang bisa digulungDenis Orlov/ Pigtou.com Ilustrasi laptop Lenovo dengan layar ultrawide yang bisa digulung
Bagian kedua merupakan panel display tambahan yang ditempatkan mengapit layar utama di sisi kanan dan kiri. Dengan menekan sebuah tombol, pengguna dapat membentangkannya ke arah samping sehingga tampilan layar menjadi semakin lebar.

Dengan demikian, laptop pun bisa dibuat memiliki layar ultrawide yang ekstra lebar seperti biasa terdapat di monitor untuk PC desktop.

Masih berdasarkan ilustrasi dalam paten, gerakan buka-tutup bagian tambahan di sisi kiri dan kanan layar utama menggunakan mekanisme dengan gir untuk mengulur layar saat dibentangkan, serta menggulungnya kembali ketika sedang tidak dipakai.

Ilustrasi cara kerja layar laptop ultrawide yang dapat digulung dalam paten LenovoLenovo Ilustrasi cara kerja layar laptop ultrawide yang dapat digulung dalam paten Lenovo

Bagian layar yang digulung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCF Tech, Senin (19/2/2024), tentunya menggunakan teknologi display fleksibel macam yang umum terdapat di smartphone lipat.

Konsep layar gulung di laptop sendiri sebenarnya tidak benar-benar baru karena sudah pernah ditunjukkan oleh Lenovo dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) tahun lalu.

Baca juga: Lenovo Pamer Laptop Layar Gulung, Begini Bentuknya

Namun, ketika itu, mekanisme buka-tutup layarnya bersifat vertikal, yakni memanjang ke arah atas alih-alih ke samping seperti dalam paten kali ini.

Karena masih berupa konsep, belum jelas kapan konsumen bisa mendapatkan laptop dengan layar gulung, kalaupun benar-benar akan diwujudkan. Ada kemungkinan smartphone dengan layar gulung bakal hadir lebih dulu karena lebih kecil dan konstruksinya tak serumit laptop.

Selain laptop dengan layar gulung, Lenovo kabarnya juga akan memamerkan konsep laptop dengan layar transparan dalam ajang MWC 2024 di akhir Februari. Laptop tersebut disinyalir akan memiliki display bezel-less dan mendukung stylus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com