Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi iPhone Error 4013 Tidak Dapat Dipulihkan

Kompas.com - 23/02/2024, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bagi beberapa penggun iPhone bisa jadi merasakan error yang terjadi. Salah satunya iPhone Error 4013 atau biasa dikenal dengan iPhine tidak dapat dipulihkan. Hal ini tentu menjadi masalah genting bagi sebagain pengguna yang menggunakan iPhone sebagai alat utama komunikasi dan menunjang aktivitas bekerja lainnya.

Adapun penyebab iPhone Error 4013 tidak dapat dipulihkan dapat dikaitkan dengan berbagai faktor. Mulai dari masalah software yang error, penyimpanan yang habis, atau kerusakan pada hardware tertentu.

Berikut ini beberapa ulasan mengenai penyabab dan cara mengatasi iPhone error 4014 tidak dapat dipulihkan. 

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Penyebab iPhone Error 4013

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab iPhone error 403.

Kabel atau port USB bermasalah

Kabel atau port USB yang rusak atau tidak berfungsi bisa menghambat transfer data antara iPhone dan komputer. Ini dapat menyebabkan Kesalahan 4013. Selain itu kesalahan 4013 dapat mengindikasikan adanya masalah pada perangkat keras iPhone Anda.

Masalah software

Terkadang, bug di iTunes atau iOS dapat mengakibatkan gangguan pada proses pemulihan, yang kemudian menyebabkan munculnya error 4013.

Gangguan dari perangkat lunak antivirus

Perangkat lunak antivirus yang terlalu sensitif mungkin menganggap proses pemulihan iOS sebagai ancaman, yang bisa menyebabkan error 4013.

Ruang penyimpanan tidak cukup

Apabila iPhone Anda tidak memiliki cukup ruang kosong untuk versi iOS yang akan dipulihkan, hal ini dapat menyebabkan Kesalahan 4013 muncul. Pastikan terdapat cukup ruang penyimpanan yang memadai pada perangkat.

Baca juga: 2 Cara Merekam Layar iPhone dengan Suara, Tak Perlu Aplikasi Tambahan

Cara mengatasi iPhone error 4013

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa hal yang bisa dicoba.

Paksa restart iPhone

Jika iPhone Anda mengalami masalah, Anda bisa mencoba melakukan restart paksa. Caranya berbeda tergantung pada jenis iPhone yang Anda miliki.

Contohnya, untuk iPhone X dan model yang lebih baru, Anda dapat menekan dan menahan tombol samping dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai logo Apple muncul. Ini dapat membantu memperbaiki masalah kecil pada perangkat Anda.

Memperbarui iTunes

Menggunakan versi iTunes lama tak jarang bisa menyebabkan masalah dengan iPhone Anda. Pastikan Anda selalu menggunakan versi iTunes yang terbaru agar kompatibilitasnya optimal. Anda bisa memperbarui iTunes di App Store.

Perbarui sistem informasi

Sistem operasi yang tidak diperbarui bisa jadi menyebabkan masalah error 4013 tidak dapat dipulihkan. Maka dari itu cek pembaruan iOS terbaru Anda untuk mengatasi potensi masalah kompatibilitas iPhone Anda.

Kosongkan ruang penyimpanan

Jika ruang penyimpanan di iPhone Anda hampir penuh, hal ini bisa membuat proses pemulihan terhambat dan menyebabkan Kesalahan 4013. Cobalah untuk membersihkan sedikit ruang dengan menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan.

Service center Apple

Apabila beberapa cara di atas masih belum bisa mengembalikan error 4013 tidak dapat dipulihkan, maka saat untuk menghubungi dukungan Apple. Anda bisa menuju service center dan pusat layanan resmi Apple.

Baca juga: Apple Izinkan Aplikasi Streaming Game Beredar di App Store

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com