Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganti Password WiFi First Media, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 02/03/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar terkait pengoperasian WiFi dari provider First Media yang perlu diketahui pengguna atau pelanggan. Salah satu panduan itu seperti cara ganti password WiFi First Media.

Cara mengganti password WiFi First Media merupakan salah satu tindakan yang penting diketahui. Dalam kondisi tertentu, pelanggan bakal butuh untuk melakukan cara tersebut. Lantas, bagaimana cara mengganti password WiFi First Media?

Baca juga: 15 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop biar Internetan Lancar, Mudah dan Praktis

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara ganti password WIFi First Media dengan mudah dan praktis.

Fungsi ganti password WiFi

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu fungsi ganti password WiFi. Pengetahuan atas fungsi tersebut dapat memudahkan pengguna menentukan kapan harus mengganti password WiFi First Media.

Jadi, kenapa harus ganti password WiFi? Terdapat beberapa fungsi ganti password WiFi yang perlu diketahui pengguna. Pertama, fungsi ganti password WiFi adalah untuk mengatasi masalah lupa password WiFi.

Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap perangkat WiFi atau router selalu dilindungi dengan password atau kata sandi. Password itu dibutuhkan supaya pengguna dapat mengakses jaringan WiFi untuk internetan.

Password WiFi biasanya dibuat sendiri oleh pengguna. Idealnya, pengguna akan mengingat password WiFi buatannya sendiri. Meski demikian, lupa password WiFi tetap bisa terjadi, entah karena kombinasinya terlalu sulit atau jarang memasukkannya lagi di perangkat.

Jika lupa, pengguna bisa mengganti password pada perangkat router atau WiFi. Selain itu, fungsi ganti password WiFi adalah untuk mencegah akses oleh perangkat asing atau perangkat tak dikenal.

Perangkat WiFi atau router bisa saja diakses oleh perangkat asing karena kata sandinya diketahui pengguna lain. Saat banyak perangkat yang terhubung ke WiFi, kecepatan internetnya dapat melambat.

Oleh karena itu, untuk mencegah akses oleh perangkat asing, pengguna dapat mengganti password WiFi dengan kombinasi yang lebih susah. Itulah beberapa fungsi ganti password WiFi yang perlu diketahui.

Perlu diketahui, cara mengganti password WiFi bisa berbeda-beda di tiap provider. Sementara itu, untuk cara mengganti password WiFi First Media, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Baca juga: 13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

Cara mengganti password WiFi First Media

Cara mengganti password WiFi First Media itu sejatinya cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengunjungi atau membuka halaman pengaturan router dari WiFi First Media melalui browser.

Namun, untuk membuka halaman pengaturan router itu, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan pengguna terlebih dahulu. Pertama, pengguna perlu mengetahui alamat IP dari halaman pengaturan router WiFi First Media.

Misalnya, alamat IP “192.168.0.1”. Kemudian, pengguna juga perlu mengetahui username dan password dari alamat IP tersebut. Misalnya, username: user dan password: user atau username: admin dan password: admin.

Informasi soal alamat IP dari halaman pengaturan router serta username dan password alamat IP itu biasanya bisa dijumpai pada buku petunjuk pengoperasian router atau pada bagian belakang perangkat router.

Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, pengguna bisa mengunjungi halaman pengaturan router untuk mengganti password WiFi First Media. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengganti password WiFi First Media adalah sebagai berikut:

  • Buka browser, lalu ketik dan kunjungi alamat IP router First Media, misalnya “192.168.0.1”.
  • Setelah halaman pengaturan router terbuka, masukkan kombinasi username dan password dari alamat IP, misalnya “user” dan “user” atau “admin” dan “admin”.
  • Setelah berhasil login router First Media, bakal muncul beberapa menu pengaturan perangkat.
  • Untuk ganti password WiFi, cari dan buka menu pengaturan bertajuk “Wireless Settings”.
  • Kemudian, klik opsi “Setup”.
  • Kemudian, pada bagian pengaturan “WPA/WPA 2”, cari kolom bertajuk “Network Key”. Untuk diketahui, kolom tersebut merupakan kolom untuk mengatur password WiFi First Media.
  • Setelah ketemu, ubah password WiFi di kolom tersebut dengan kombinasi yang baru.
  • Setelah menggantinya, silakan klik opsi “Save Settings” dan password WiFi First Media berhasil diganti dengan kombinasi yang baru.

Cukup mudah bukan cara ganti password WiFi First Media? Melalui cara di atas, pengguna bisa berbagai persoalan yang menyangkut pengoperasian WiFi First Media dengan mudah, seperti lupa password atau terdapat akses oleh perangkat asing.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara ganti password WiFi First Media dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet di HP, Mudah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com