Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads Sudah Ungguli X Twitter di iOS

Kompas.com - Diperbarui 08/03/2024, 06:51 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Media sosial microblogging buatan Meta, Threads, akhirnya bisa melewati X (dulu Twitter) dalam hal jumlah unduhan. Threads lebih banyak diunduh daripada X Twitter di platform iOS. Hal ini terungkap dari laporan perusahaan penyedia analisis aplikasi Appfigures.

Laporan yang ditampilkan Appfigures sendiri diperbarui setiap jam untuk setiap kategori di semua perangkat, seperti iOS App Store, Google Play, Amazon, Mac, Apple TV, hingga iMessage. Nah, dari grafik yang ditampilkan, jumlah unduhan (download) aplikasi Threads lebih banyak tiga kali lipat daripada X Twitter.

Pada 25 Februari 2024, Threads tercatat diunduh 483.803 kali di Google Play Store dan 342.228 kali di perangkat iOS. Sementara itu, aplikasi X Twitter “hanya” diunduh 225.408 kali di Play Store dan 112.625 kali di App Store.

Grafik data unduhan aplikasi Threads dan X Twitter di iOS App Store dan Google Play Store Appfigures Grafik data unduhan aplikasi Threads dan X Twitter di iOS App Store dan Google Play Store
Data ini memperlihatkan jumlah unduhan Threads naik nyari tiga kali lipat di perangkat iOS ketimbang platform microblogging X Twitter di Google Play Store. 

Baca juga: Pengguna Threads Kini Tembus 130 Juta, Sempat Ditinggal dan Merosot

Meski indikator perhitungan tersebut tidak selalu merefleksikan minat pengguna terhadap sebuah aplikasi, setidaknya data Appfigures bisa jadi acuan untuk mengetahui popularitas sebuah aplikasi dan daya tarik di pasar.

Peningkatan tren ini juga dianggap wajar karena induk Meta memang menerapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan trafik aplikasi bikinannya. Salah satunya adalah memunculkan unggahan viral Threads di linimasa (timeline) Instagram dan Facebook.

Upaya-upaya tersebut ternyata manjur meningkatkan jumlah unduhan aplikasi Threads. Alhasil, jumlah unduhan Threads mampu tumbuh positif, mengalahkan X Twitter dari waktu ke waktu.

Bahkan, pada 22 Februari 2024, perbedaan jumlah unduhan Threads dan X Twitter sempat berbeda cukup jauh. Threads memiliki jumlah unduhan harian 382.999 kali di iOS, sedangkan X Twitter tercatat 113.649 kali unduhan di iOS. 

Di toko aplikasi Google Play Store, selisih antara kedua aplikasi lebih tinggi lagi. Aplikasi Threads tercatat sudah diunduh 660.882 kali. Sementara itu, X Twitter diunduh 210.745 kali di Play Store. Threads melampaui jumlah unduhan lebih dari tiga kali lipat ketimbang X Twitter.

Walau tampaknya Threads mampu mengungguli X Twitter, jumlah unduhan harian Threads masih terbilang fluktuatif. Artinya, lonjakan pertumbuhannya masih belum bersifat stabil.

Sebaliknya, jika Threads mampu mempertahankan tren pertumbuhan ini, aplikasi media sosial besutan Meta itu bisa saja mengambil alih dominasi X di masa mendatang.

Jumlah pengguna Threads tembus 130 juta

CEO Meta Mark Zuckerberg juga sempat mengumumkan bahwa jumlah pengguna Threads sudah mencapai 130 juta pengguna. Laporan tersebut tertuang dalam laporan pendapatan Meta di kuartal IV-2023.

“Saya mencatat kini Threads lebih aktif digunakan pengguna saat ini, ketimbang saat awal debut (Juli 2023). Jadi, saya pikir ini akan menjadi kesuksesan besar,” ungkap pria yang akrab disapa Zuck.

Pengumuman tadi seolah-olah menjadi “angin segar” bagi Meta karena kabar jumlah pengguna Threads sempat merosot di awal peluncurannya.

Sedikit informasi, lima hari setelah debut, jumlah pengguna Threads tembus 100 juta pengguna. Namun, popularitasnya sempet merosot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com