Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan Kekurangan Wireless Charging untuk Mengisi Daya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 10/03/2024, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari berbagai teknologi. Salah satunya seperti kelebihan dan kekurangan wireless charging. Wireless charging merupakan inovasi dalam bidang teknologi pengisian daya perangkat.

Baca juga: 8 Cara Cas HP yang Benar Supaya Baterai Awet

Wireless charging saat ini sudah banyak dipakai di HP (handphone) keluaran terbaru. Namun, jika di HP, kehadiran wireless charging tidak lantas menggantikan sepenuhnya pengisian daya kabel.

Wireless charging atau pengisian daya nirkabel untuk sekarang umumnya menjadi pelengkap pengisian daya kabel di HP. Pengisian daya nirkabel saat ini telah menjadi standar untuk mengisi daya perangkat.

Wireless charging bekerja dengan menggunakan bantalan pengisi daya yang mentransmisikan daya melalui gelombang EM. Kemudian, kumparan penerima di HP mengambil gelombang tersebut.

Selanjutnya, kumparan penerima di HP akan mengubah gelombang tersebut menjadi listrik, yang kemudian digunakan untuk mengisi daya HP. Teknologi pengisian daya nirkabel biasa disebut juga dengan teknologi Qi.

Jenis teknologi Qi menggunakan pengisian daya resonansi dan induktif, yang membutuhkan perangkat pengisi daya dan perangkat yang diisi daya harus saling berdekatan. Wireless charging adalah perangkat yang tepat jika pengguna tak ingin repot dengan kabel.

Baca juga: Kenapa Tidak Boleh Cas HP sampai 100 Persen? Begini Penjelasannya

Namun, seperti teknologi lain pada umumnya, wireless charging juga memiliki kekurangan. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan wireless charging?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan wireless charging, sebagaimana dilansir dari laman Aukey.

Kelebihan dan kekurangan wireless charging

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan wireless charging yang perlu diketahui pengguna. Misalnya, salah satu kelebihan wireless charging adalah dapat membuat port pengisian daya pada HP menjadi lebih awet.

Kemudian, contoh kekurangan wireless charging adalah waktu pengisian dayanya bisa berjalan lebih lambat ketimbang menggunakan cas kabel. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan wireless charging adalah sebagai berikut.

Kelebihan wireless charging

  • Pengisian daya Qi menjadi standar universal untuk pengisian daya nirkabel, sehingga dapat mengisi daya hampir di semua perangkat.
  • Wireless charging dapat membuat port pada HP atau perangkat lainnya dan kabel menjadi lebih awet karena tidak membutuhkan tindakan colok-cabut.
  • Bantalan pengisi daya pada wireless charging otomatis mati saat baterai HP terisi penuh, sehingga tidak akan terlalu panas dan merusak pengisi daya.

Kekurangan wireless charging

  • Saat HP dicas dengan wireless charging, pengguna tidak akan dapat mengakses atau memakainya dengan mudah. Pasalnya, HP harus tetap berada di bantalan wireless charging supaya dapat mengisi daya.
  • Waktu pengisian daya dengan wireless charging bisa berjalan lebih lambat ketimbang menggunakan cas kabel.

Baca juga: Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Bikin Boros Baterai Smartphone

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan wireless charging untuk digunakan pada perangkat elektronik seperti HP. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, pengguna bisa menentukan kapan waktu yang tepat memakai wireless charging.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com