Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teknologi 5G Ericsson yang Dipamerkan di MWC 2024 Barcelona

Kompas.com - 15/03/2024, 14:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi 5G masih menjadi tema utama di ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 yang digelar di Barcelona, akhir Februari 2024 lalu.

Dalam pameran tersebut, berbagai perusahaan jaringan seluler memamerkan produk-produk 5G unggulan mereka, yang diklaim bisa meningkatkan sebuah bisnis dan meningkatkan pengalaman pengguna layanan operator seluler.

Jurnalis KompasTekno, Bill Clinten mengunjungi booth salah satu penyedia teknologi jaringan 5G, yakni Ericsson. Perusahaan telekomunikasi asal Swedia itu menghadirkan sejumlah area demonstrasi untuk menunjukkan beberapa pemanfaatan (use case) 5G.

Baca juga: Ericsson Pamer Pemanfaatan Inovatif 5G untuk Perusahaan di MWC 2024

Dari sekian banyak area, kami merangkum lima area demonstrasi 5G yang menarik, dan bisa dipakai perusahaan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman konsumen. Berikut selengkapnya.

Fixed Wireless Access

Area demo Fixed Wireless Access di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Area demo Fixed Wireless Access di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.

Fixed Wireless Access, atau yang biasa disingkat FWA adalah teknologi jaringan broadband nirkabel berkecepatan tinggi yang bisa dinikmati di rumah-rumah tanpa harus melakukan pemasangan kabel. Contoh penerapan teknologi FWA di Indonesia adalah produk Telkomsel Orbit.

Dalam ajang MWC 2024, Ericsson mengatakan bahwa 5G FWA bisa menguntungkan konsumen-konsumen yang tinggal di wilayah terpencil dan pedesaan. Sebab, mereka tidak perlu memasang kabel internet broadband untuk menikmati koneksi internet.

Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan proses akses internet dalam waktu cepat, lantaran Ericsson mengeklaim teknologi 5G FWA mereka bisa dipasang atau diterapkan di suatu pasar dalam waktu kurang lebih tujuh hari.

Baca juga: Ericsson Hadirkan Teknologi RAN Energy Efficiency untuk Telkomsel

Di mata perusahaan, 5G FWA juga merupakan potensi bisnis yang cukup "seksi". Sebab, jaringan yang mengandalkan teknologi FWA diperkirakan akan berjumlah 330 juta jaringan pada 2029 mendatang.

Teknologi 5G FWA juga bisa mengandalkan berbagai teknologi jaringan 5G yang ada saat ini, seperti 5G mid-band hingga 5G millimeter wave (mmWave). Artinya, 5G FWA bersifat scalable dan bisa di dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan teknologi baru.

Di samping itu, jumlah pelanggan yang belum mendapatkan akses internet layak juga cukup banyak, dan teknologi 5G FWA bisa diterapkan dengan tingkat pendapatan per pengguna (ARPU) yang 3-5x lebih tinggi dibandingkan layanan internet broadband biasa.

Lebih lanjut, Ericsson menyebut bahwa perusahaan yang berinvestasi di teknologi 5G FWA akan "balik modal" dalam waktu kurang lebih dua tahun, dan waktu ini dianggap cukup cepat dibanding teknologi internet broadband lain.

RAN Energy Efficiency

Area demo RAN Energy Efficiency di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.Kompas.com/BILL CLINTEN Area demo RAN Energy Efficiency di booth Ericsson di MWC 2024 Barcelona.

Efisiensi merupakan salah satu aspek yang dianggap cukup penting di berbagai hal, tak terkecuali di jaringan akses radio (Radio Access Network/RAN).

Biasanya, efisiensi suatu jaringan akan berpengaruh pada pengalaman konsumen sebagai pihak yang memakainya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com