Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Update? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 23/03/2024, 10:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp akan mengalami berbagai pembaruan (update) aplikasi secara berkala. Pembaruan ini biasa diluncurkan lewat toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Umumnya update WhatsApp membawa berbagai pembaruan, salah satunya menampilkan fitur baru atau mengatasi bug/pembaruan.

Pengguna bisa mengecek ke toko aplikasi ponsel masing-masing. Apabila terdapat notifikasi update, maka pengguna dapat segera memperbarui aplikasi WA yang terinstal di HP. Cara update WhatsApp pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Namun, tak jarang juga dijumpai masalah, seperti WhatsApp yang tidak bisa update. Masalah ini biasanya terjadi oleh beberapa faktor.

Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil, terjadi bug, atau memori internal yang penuh. Selengkapnya berikut ini uraian penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa update.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Akun Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam

Penyebab WhatsApp tidak bisa update

Berikut ini beberapa faktor penyebab WhatsApp tidak bisa update di Android dan iOS.

Koneksi internet buruk

Pembaruan memerlukan koneksi internet yang stabil. Koneksi yang sering terputus atau bermasalah akan menyulitkan WhatsApp untuk memulai atau menyelesaikan pembaruan.

Selain itu, apabila koneksi internet Anda lemah, bandwidth yang tersedia mungkin tidak mencukupi untuk mengunduh pembaruan dengan cepat atau memulai update.

Bug pada toko aplikasi

WhatsApp tidak bisa update juga bisa jadi dikarenakan terdapat bug pada aplikasi. Bug inilah yang menghambat pengunduhan dan instalasi file pembaruan aplikasi WhatsApp di HP.

Update WA tidak kompatibel dengan sistem operasi HP

Aplikasi WhatsApp yang lebih baru cenderung memerlukan versi terbaru dari sistem operasi sebagai prasyaratnya. Maka dari itu, bisa jadi penyebab WhatsApp tidak update adalah aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem operasi HP.

Memori internal HP penuh

Ketika memori internal HP penuh, Anda mungkin tidak dapat melakukan pembaruan WhatsApp karena tidak ada cukup ruang untuk menyimpan file sementara yang diperlukan.

Baca juga: 3 Trik Menambahkan Musik ke Status WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa update

Berikut ini beberapa cara mengatasi WA yang tidak bisa update.

Cek koneksi internet

Salahs satu penyebab WA tidak bisa update karena koneksi internet yang tidak stabil. Maka dari itu, cobalah untuk mengecek koneksi internet Anda lewat situs web seperti “speedtest.net”. Apabila koneksi internet buruk, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat selama 30 detik, lalu matikan.

Log out akun di toko aplikasi dan restart HP

Cobalah untuk log out akun Google Play Store atau App Store Anda di HP. Setelah log out akun maka cobalah restart HP Anda. Setelah itu login kembali ke toko aplikasi ponsel Anda.

Hapus file atau data yang tidak diperlukan

Hapus data atau aplikasi yang tidak penting dari memori internal untuk membuat ruang tambahan. Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD jika perangkat Anda mendukung fitur ini. Ini dapat membantu mengurangi beban pada memori internal.

Selain itu, cobalah utnuk menghapus cache aplikasi untuk beberapa aplikasi yang jarang digunakan. Cache dapat memakan banyak ruang di memori internal.

Demikian uraian mengenai penyebab dan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa update di Android atau iOS. Semoga membantu.

Baca juga: 7 Format Teks WhatsApp, Huruf Tebal, Miring, Dicoret, Daftar Poin, Nomor, Blok, dan Berderet

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a.  Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com