Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Smartphone Baru untuk Lebaran

Kompas.com - 26/03/2024, 13:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Momen Lebaran menjadi salah satu kesempatan bagi sebagian masyarakat Indonesia membeli ponsel baru. Saat akan membeli ponsel terbaru, tentu banyak pengguna yang mempertimbangkan membeli HP dengan spesifikasi lebih tinggi daripada sebelumnya.

Selain itu pengguna juga harus memperhatikan detail spesifikasi mengenai baterai, prosesor, resolusi layar, dan lain sebagainya.

Nah untuk memberikan gambaran Anda membeli smartphone baru untuk lebaran, selengkapnya berikut ini lima faktor yang perlu diperhatikan sebelum membeli ponsel baru untuk lebaran.

Baca juga: 7 Tips Hemat Baterai iPhone biar Tidak Sering Mengecas

Sesuaikan budget

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan anggaran yang Anda miliki. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak melebihi batas anggaran yang telah Anda tetapkan.

Setelah memastikan budget yang dimiliki, maka Anda dapat mulai memilih ponsel sesuai spesifikasi kebutuhan Anda.

Untuk membantu Anda dalam pencarian ponsel sesuai anggaran, Anda dapat melakukan riset harga dan spesifikasi ponsel yang bereda di berbagai artikel maupun media sosial.

Layar ponsel

Tampilan ponsel adalah layar yang menampilkan informasi dan gambar. Kualitas tampilannya ditentukan oleh resolusi, ukuran, jenis, dan kecepatan refresh.

Maka dari itu jika Anda suka menonton film atau main game di ponsel, pilihlah ponsel dengan resolusi tinggi atau kecepatan refresh yang lebih cepat.

Layar dengan resolusi tinggi akan menampilkan gambar yang lebih tajam dan detail. Sedangkan layar yang lebih besar lebih baik untuk menonton video dan bermain game.

Baterai

Daya tahan baterai adalah hal penting untuk dipertimbangkan bagi pengguna yang sering menggunakan ponsel mereka sepanjang hari. Jika Anda pengguna yang aktif, carilah ponsel dengan baterai besar, biasanya diukur dalam mAh. Semakin tinggi mAh-nya, semakin baik daya tahan baterainya.

Beberapa ponsel juga dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat, yang memungkinkan Anda mengisi daya ponsel dengan cepat saat dibutuhkan.

Baca juga: 7 Fitur yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Habis

Prosesor

Saat memilih ponsel, penting untuk memperhatikan kecepatan dan kinerja prosesor. Prosesor yang kuat akan memastikan ponsel Anda berjalan lancar, mampu menjalankan aplikasi dan game berat, serta memiliki kemampuan multitasking yang cepat.

Prosesor dengan banyak inti, seperti prosesor octa-core, sangat ideal untuk menangani banyak tugas secara bersamaan.

Selain itu ada dua jenis prosesor utama yang digunakan dalam ponsel pintar, yaitu Qualcomm Snapdragon dan chip Apple A-series.

Kedua jenis ini terkenal karena kinerja tinggi dan hemat energi. Ada juga produsen prosesor lain yang membuat chipset terbaik untuk ponsel mid-rangeseperti Mediatek, Exynos dari Samsung, danHisilicon Kirin dari Huawei.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com