Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PUBG Mobile Dukung Mode "120 FPS", Bisa Main di HP-HP Samsung Ini

Kompas.com - 14/05/2024, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Tencent berencana merilis PUBG Mobile 3.2 pada Selasa (14/5/2024). Dalam pembaruan (update) kali ini, akan ada banyak fitur baru yang bisa dinikmati pemain, salah satunya adalah mode "120 FPS". 

Mode ini sederhananya memungkinkan pengguna memainkan PUBG Mobile lebih mulus dengan frame rate 120 frame per detik (frame per second/FPS). Sebelumnya, mode frame rate di PUBG Mobile hanya mentok di 90 FPS saja. 

Dalam sebuah game, FPS merupakan suatu satuan yang menghitung seberapa banyak gambar diperbarui (refresh) setiap detiknya. Artinya, semakin tinggi angka FPS, maka semakin banyak pula gambar yang ditampilkan atau diproses, dan hal ini berujung pada proses animasi yang lebih mulus.

Kembali lagi ke mode 120 FPS di PUBG Mobile tadi, fitur ini sejatinya akan membutuhkan hardware ponsel yang cukup mumpuni, sehingga boleh dibilang hanya akan tersedia di beberapa perangkat saja.

Baca juga: PUBG Mobile PMSL SEA Summer 2024 Mulai 8 Mei, Ini Jadwal dan Tim yang Main

Nah, perangkat yang dipastikan akan mendapatkan mode animasi super mulus di PUBG Mobile ini adalah Samsung Galaxy S23 Series, Galaxy S24 Series, dan ponsel lipat Galaxy Z Fold 5

Hal ini diumumkan pihak Samsung dalam sebuah postingan di forum Samsung Community berbahasa Korea.

Samsung Galaxy S24 series resmi bisa dibeli langsung di Indonesia, Rabu (7/2/2024).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S24 series resmi bisa dibeli langsung di Indonesia, Rabu (7/2/2024).

 

Dalam postingan yang sama, perwakilan Samsung itu menambahkan bahwa mereka juga telah mengotak-atik pengaturan sistem untuk mengoptimasi game (Game Optimization Service) supaya dapat menjalankan PUBG Mobile di mode 120 FPS dengan lancar.

 Baca juga: PUBG Mobile Update Versi 3.0 Meluncur, Bawa Mode Baru Shadow Force

Hal ini terbilang wajar karena hardware dari suatu ponsel akan cepat panas apabila menjalankan aplikasi "berat" dengan mode pengaturan tertinggi, seperti game dengan pengaturan grafis tertinggi di PUBG Mobile di atas. 

"Opsi 120 FPS di PUBG Mobile ini merupakan opsi frame rate tertinggi, sehingga kami harus mengoptimasi sistem supaya perangkat bisa menjalankan mode ini dnengan lancar," tulis pihak Samsung di Samsung Community, sebagaimana dikutip KompasTekno dari SamMobile, Selasa (13/5/2024). 

Belum ada informasi apakah ponsel flagship lainnya selain Samsung Galaxy S23 Series, Galaxy S24 Series, dan Galaxy Z Fold 5 tadi akan mendapatkan mode 120 FPS di PUBG Mobile atau tidak.

Informasi ini kemungkinan bisa diketahui setelah Tencent resmi merilis PUBG Mobile 3.2 siang ini. Jika pengguna bisa mengaktifkan mode 120 FPS di dalam game, maka perangkat mereka otomatis sudah bisa menggunakan fitur tersebut. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com