Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FBI Sita BreachForums, Situs Tempat Hacker Bjorka Sebar Data Pribadi

Kompas.com - 16/05/2024, 11:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat alias FBI menutup dan mengambil alih situs BreachForums pada Rabu (15/5/2024).

BreachForums merupakan darkweb atau situs gelap yang biasa digunakan para peretas (hacker) untuk jual beli data yang dicuri melalui peretasan atau program jahat lainnya.

Di Indonesia, situs BreachForums ramai dikenal sebagai tempat hacker "Bjorka" membagikan dan menjual data pribadi macam NIK, nomor telepon, alamat rumah, milik beberapa lembaga, perusahaan, hingga pejabat asal Tanah Air.

Misalnya, seperti kasus kebocoran 105 juta data KPU dan dan kebocoran 1,3 miliar data kartu SIM.

Tangkapan layar situs BreachForums ditutup dan diambil alih oleh FBI, Rabu (15/5/2024).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar situs BreachForums ditutup dan diambil alih oleh FBI, Rabu (15/5/2024).
Penyitaan situs BreachForums oleh FBI terlihat dari halaman utama situs yang kini menampilkan informasi berbunyi:

Baca juga: Mengenal BreachForums, Situs Tempat Bjorka Sebar Data Pribadi yang Bosnya Ditangkap FBI

“BreachForums berada di bawah kendali FBI. Situs web ini telah dihapus oleh FBI dan DOJ (Departemen Kehakiman AS) dengan bantuan dari mitra internasional".

FBI juga menyebut pihaknya tengah menganalisis data back end dan mengundang siapapun yang memiliki informasi soal situs ini untuk mengubungi FBI.

Halaman muka BreachForums juga memperlihatkan gambar profil forum dari dua administrator situs tersebut, Baphomet dan ShinyHunters, yang ditempatkan di balik jeruji penjara.

Kedua kalinya ditutup

Ilustrasi profil Pompompurin di BreachForums.BleepingComputer Ilustrasi profil Pompompurin di BreachForums.
Ini merupakan kedua kalinya situs BreachForums ditutup. Pada Juni 2023, BreachForums ditutup setelah "Pompompurin" ditangkap FBI di kediamannya, kota New York, Amerika Serikat (AS).

"Pompompurin" memiliki nama asli Conor Brian FitzPatrick. Ia adalah pemilik sekaligus administrator dari situs BreachForums.

Conor Brian Fitzpatrick, yang saat itu berusia 21 tahun, mengaku bersalah atas berbagai tuduhan. Pada bulan Januari, dia dijatuhi hukuman 20 tahun pembebasan dengan pengawasan.

Namun, pascapenangkapan Pompompurin dan penutupan BreachForums yang pertama, muncul administrator baru dan situs BreachForums 2.0.

Menurut FBI, sejak Juni 2023 hingga Mei 2024, BreachForums sudah tiga kali berganti domain breachforums.st/.cx/.is/.vc dan dijalankan oleh admin dengan username "ShinyHunters". Nah, situs BreachForums 2.0 inilah yang kali ini ditutup FBI.

"BreachForums beroperasi sebagai marketplace bagi penjahat dunia maya untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan barang selundupan, termasuk perangkat akses yang dicuri, alat identifikasi, alat peretasan, basis data yang dibobol, dan layanan ilegal lainnya," tulis FBI pada posting di sub-domain breachforums.ic3.gov yang kini sudah tidak bisa diakses.

Berbeda dengan penyitaan situs tahun lalu, kali ini FBI juga mengambil alih saluran resmi Telegram BreachForums dan saluran Telegram milik salah satu administrator BreachedForums, "Baphomet".

Baca juga: Pemilik BreachForums, Situs yang Digunakan Bjorka Sebar Data Ditangkap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com