Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Vs Instagram Lite, Apa Saja Perbedaannya?

Kompas.com - 17/05/2024, 17:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu platform yang kerap digunakan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari galeri pribadi hingga kebutuhan kreator konten maupun bisnis. Instagram juga bisa diunduh secara mudah dan gratis di toko aplikasi ponsel Android maupun iPhone.

Instagram juga memiliki dua jenis aplikasi yang bisa diinstal yaitu Instagram versi reguler dan Instagram Lite. Bagi sebagian pengguna, umumnya akan menginstal aplikasi Instagram ‘reguler’.

Namun hal ini akan menjadi berbeda jika sebagian pengguna HP Android terhalang dengan kapasitas memori pada ponsel.

Bagi sebagian pengguna tersebut biasanya akan menginstal aplikasi Instagram Lite. Instagram Lite diklaim sebagai versi Instagram yang lebih ringan.

Ukuran file aplikasi IG Lite umumnya lebih kecil dan dirancang untuk bisa berjalan dengan lancar pada smartphone dengan spesifikasi rendah atau di jaringan internet yang lambat.

Lantas apa saja perbedaan Instagram reguler dan versi Lite? Berikut ini KompasTekno mengulas lebih lanjut mengenai Instagram Lite serta beberapa perbedaannya dengan Instagram versi reguler.

Baca juga: Cara Buat Bingkai Foto di Instagram Story, Ketuk dan Digoyangkan

Apa itu Instagram Lite

Instagram Lite adalah versi ringan dari Instagram yang dirancang untuk menghemat ruang penyimpanan di ponsel Anda dan mengurangi penggunaan data. Dengan Instagram Lite, pengguna tidak perlu membuat akun baru.

Dilansir dari Make Use Of, Instagram Lite sendiri awalnya diluncurkan pada 2018 namun sempat dihapus dari Google Play Store pada bulan Mei 2020. Kendati demikian, dalam waktu kurang dari setahun, aplikasi ini kembali dengan perbaikan yang signifikan.

Meskipun memiliki ukuran file yang lebih kecil, Instagram Lite tidak memiliki semua fitur yang ada di aplikasi Instagram asli. Namun, bagi sebagian pengguna, ini bisa menjadi pilihan yang lebih praktis, terutama bagi mereka yang memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan terbatas atau mengalami koneksi internet yang lambat.

Perbedaan Instagram dan Instagram Lite

Ukuran aplikasi

Salah satu perbedaan utama Instagram versi reguler dan Lite tampak pada ukuran aplikasi. Aplikasi Instagram biasa memakan banyak ruang di ponsel Anda, mulai dari 30 hingga 80 megabita (MB), tergantung pada jenis ponsel yang Anda gunakan.

Saat aplikasi mulai menumpuk data dan cache, ukurannya bisa jadi jauh lebih besar. Sedangkan Instagram Lite hanya memiliki ukuran unduhan sekitar 2 MB. Ini cocok bagi pengguna yang merasa memiliki keterbatasan ruang penyimpanan pada ponsel.

Fitur-fitur

Instagram reguler memiliki fitur lengkap yang mencakup Direct Message, Reel, siaran langsung (Live), berbagai filter, dan lainnya. Sedangkan pada Instagram Lite, fitur lebih terbatas, misalnya saja fitur live IG tidak tersedia di Instagram Lite.

Penggunaan data

Penggunaan data menjadi perbedaan signifikan antara Instagram dan Instagram Lite. Instagram reguler cenderung mengonsumsi lebih banyak data karena animasinya yang lebih kompleks, beragam fitur, dan konten yang dimuat dengan resolusi tinggi.

Sementara itu, Instagram Lite dirancang khusus untuk penggunaan data yang minimal. Konten dimuat dengan resolusi yang lebih rendah dan animasi disederhanakan, sehingga mengurangi penggunaan data secara keseluruhan.

Ini menjadikan Instagram Lite pilihan yang lebih hemat data bagi pengguna yang peduli dengan penggunaan data mereka.

Sebagai informasi bahwa aplikasi Instagram Lite sendiri hanya tersedia di toko aplikasi Google Play Store. Demikian ulasan mengenai perbedaan Instagram dan  Instagram Lite. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Cara Buat Stiker Add Yours Music di Instagram Stories

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com