Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AI Google Bilang Pizza Dibuat dengan Lem, Google Janji Perbaiki

Kompas.com - 28/05/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PCMag

KOMPAS.com - Google memperkenalkan AI Overview dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O 2024 yang digelar 15 Mei lalu. AI Overview adalah rangkuman jawaban yang ringkas dari pertanyaan pengguna di Search.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot membuka hasil pencarian satu per satu.

Sayangnya sejumlah jawaban yang diberikan AI Overview terkadang keliru bahkan "ngawur" karena tidak sesuai konteks. Salah satu kekeliruan AI Overview dibagikan oleh Product Manager Roblox, Peter Yang di media sosial X (dahulu Twitter).

Baca juga: Fitur Google Search Berbasis AI Kini Bisa Dicoba di Indonesia

Peter Yang bertanya mengapa keju tidak menempel pada pizza di Google Search. Lalu salah satu jawaban AI Overview menyarankan dia untuk menambahkan sedikit lem.

Perlu diketahui bahwa jawaban AI Overview ditarik dari berbagai data yang ada di hasil penelusuran Search.

Setelah ditelusuri, jawaban soal lem untuk pizza tadi ternyata merujuk pada postingan di forum online Reddit 11 tahun lalu sebagaimana diunggah Peter Yang lewat akun X dengan handle @peteryang.

Jadi sumber informasi yang dipakai oleh AI Overview kurang tepat dengan konteks pertanyaan dari Peter Yang.

Menanggapi kekeliruan itu, pihak Google berkata bahwa secara umum AI Overview menyajikan informasi kualitas tinggi. Namun mereka menerima kueri yang tidak biasa dari pengguna, hingga kueri yang tidak bisa direproduksi oleh AI-nya.

Selanjutnya pihak Google menyatakan akan melakukan perbaikan yang diperlukan, dilansir KompasTekno dari PCMag, Selasa (28/5/2024).

"Kami akan menindak cepat bila diperlukan, sesuai dengan kebijakan konten kami, dan mengambil contoh-contoh ini untuk perbaikan yang lebih luas pada sistem kami. Beberapa di antaranya sudah mulai diluncurkan," kata pihak Google dalam sebuah pernyataan ke Business Insider.

Mengacu kasus di atas, ada baiknya pengguna melakukan riset lebih lanjut, khususnya bila jawaban dari AI Overview kurang meyakinkan.

Didukung Gemini

AI Overview hadir di Search berkat dukungan chatbot AI generatif Gemini.

Ketika pengguna bertanya di-Google, AI Overview akan memberikan jawaban ringkas dari pertanyaan pengguna. Jadi, pengguna tidak perlu repot membuka situs satu per satu untuk menemukan informasi tertentu.

Baca juga: Fitur Penerjemah Kalimat Instan Pakai Circle to Search Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

AI Overview juga dilengkapi tautan ke laman/artikel yang relevan untuk mempermudah pengguna mengetahui suatu hal secara lebih dalam.

AI Overview ini muncul di sisi paling atas hasil pencarian Google Search.

Google umumkan fitur AI Overview untuk Google Search. Pengguna bisa lihat ringkasan hasil pencarian yang disusun oleh AI Gemini.Google Google umumkan fitur AI Overview untuk Google Search. Pengguna bisa lihat ringkasan hasil pencarian yang disusun oleh AI Gemini.

Dengan dukungan AI generatif dari Gemini, AI Overview bisa menjawab banyak pertanyaan sekaligus, seperti daftar rekomendasi tempat yoga/pilates, beserta harga dan jarak. Nantinya, AI Overview Google Search akan memberikan beberapa rekomendasi tempat yoga lengkap dengan review dan rating, harga, dan info jarak.

AI Overview di Google Search bisa membuatkan pengguna rencana perjalanan hingga resep makanan per hari yang cukup terperinci.

Di Google I/O 2024, Google meluncurkan fitur "AI Overview" (ringkasan dengan AI) untuk pengguna AS. Pengguna di luar AS akan kebagian secara bertahap hingga akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com