Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Redmi 13, Calon Ponsel Terbaru Xiaomi di Indonesia

Kompas.com - 31/05/2024, 16:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com -
Lebih kurang setahun semenjak kemunculan Redmi 12, Xiaomi kini bersiap menelurkan penerusnya. Informasi yang disebarkan Xiaomi di media sosial menyebutkan bahwa ponsel tersebut bakal diluncurkan pada 5 Juni 2024 di Indonesia.

Sebagai suksesor, Redmi 13 menghadirkan sejumlah peningkatan dibanding Redmi 12, termasuk system-on-chip yang lebih baru hingga resolusi kamera dua kali lebih besar.

Baca juga: Tablet Xiaomi Redmi Pad Pro 5G Meluncur, Harga mulai Rp 4 Jutaan

KompasTekno menerima Redmi 13 varian warna Ocean Blue. Kira-kira seperti apa penampilan perangkat ini dan selengkap apa aksesori bawaannya? Simak selengkapnya dalam penelusuran berikut.

Daya charger meningkat

Redmi 13 hadir dalam kotak kemasan bernuansa khas Xiaomi, dengan warna dasar putih dan tulisan "Redmi 13" berukuran besar dengan layar belakang merah.

Di bagian muka terpampang salah satu fitur utama yang sekaligus menjadi kelebihan Redmi 13 dibanding pendahulunya, yakni kamera utama dengan resolusi mencapai 108 MP.

Kotak kemasan Xiaomi Redmi 13KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan Xiaomi Redmi 13

Ucapan terima kasih khas Xiaomi di dalam kemasan Redmi 13KOMPAS.com/ OIK YUSUF Ucapan terima kasih khas Xiaomi di dalam kemasan Redmi 13
Seperti biasa untuk ponsel-ponsel Xiaomi, pertama kali membuka kemasannya, pembeli Redmi 13 akan menjumpai ucapan terima kasih dan selamat datang ke ekosistem pabrikan asal China tersebut.

Sebuah folder kertas memuat beberapa aksesori, termasuk sebuah soft case transparan untuk melindungi perangkat, berikut SIM card ejector tool serta panduan singkat dan garansi.

Baca juga: HP Xiaomi Redmi A3x Dirilis, Spek Mirip Redmi A3 Beda di Chipset

Setelahnya, di balik unit ponsel yang terbungkus plastik pelindung, adalah kompartemen di dasar kemasan yang memuat unit charger dan kabel USB A ke USB C.

Kemampuan charger meningkat dibanding Redmi 12 sebelumnya, kini dengan keluaran mencapai 33 watt karena Redmi 13 memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu.

Rangkaian aksesori pelengkap di kotak kemasan Xiaomi Redmi 13KOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian aksesori pelengkap di kotak kemasan Xiaomi Redmi 13

Tampang masih mirip

Dilihat sekilas, Redmi 13 sulit dibedakan dari Redmi 12 karena rancangannya memang relatif tak berubah. Rangkaian dua kamera di belakang tertanam langsung secara vertikal di bodi, dengan LED flash yang diletakkan secara diagonal di sisi kanan kedua kamera.

Sesuai dengan nama varian "Ocean Blue", bagian punggung unit Redmi 13 yang diterima KompasTekno berwarna biru muda dengan pola serupa riak air. Berkat pola tersebut, bagian belakang ponsel jadi tak mudah ternoda sidik jari biarpun memiliki finishing glossy.

Bagian frame di pinggiran ponsel berbahan plastik dengan warna senada. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan tombol daya yang merangkap sebagai pemindai sidik jari side-mounted.

Laci SIM card Xiaomi Redmi 13 (foto kiri) dan tombol volume serta tombol daya merangkap pemindai sidik jariKOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM card Xiaomi Redmi 13 (foto kiri) dan tombol volume serta tombol daya merangkap pemindai sidik jari

Bagian belakang Xiaomi Redmi 13KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang Xiaomi Redmi 13
Sisi bawah Redmi 13 memuat konektor USB C berikut loudspeaker, sementara di atas ada konektor jack audio 3,5 mm yang sejajar dengan IR blaster untuk remote perangkat-perangkat home appliances.

Laci SIM terdaapat di sisi kiri perangkat dan merupakan jenis hybrid yang bisa menampung dua buah kartu nano SIM atau sebuah kartu nano SIM ditambah kartu memori microSD.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 13R Meluncur, Spek Layar dan Kamera Selfie Meningkat

Layar Redmi 13 relatif tak berubah dibanding pendahulunya, tetap menggunakan panel IPS LCD dengan diagonal 6,79 inci, resolusi FHD+, dan refresh rate hingga 90 Hz.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com