Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Kuasai Pasar Ponsel Lipat Dunia Kuartal I-2024

Kompas.com - 03/06/2024, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone China, Huawei menguasai pasar smartphone lipat dunia pada kuartal I-2024, berdasarkan laporan firma riset Counterpoint Research.

Laporan yang diterbitkan Counterpoint menyebut, secara umum pasar ponsel lipat dunia pada kuartal I-2024 mengalami pertumbuhan 49 persen, dibanding kuartal I-2023 (Year-on-Year/YoY).

Besaran angka pertumbuhan pasar ponsel lipat dunia itu menandai kenaikan tertinggi dalam enam kuartal terakhir. Menurut Counterpoint, hal itu terutama didorong oleh naiknya jumlah pengiriman ponsel pintar dari sejumlah vendor China.

Dalam laporannya, Counterpoint juga merinci empat vendor smartphone yang paling berkontribusi untuk pasar ponsel lipat sepanjang triwulan pertama 2024 (Januari-Maret).

Baca juga: 2024, Vendor HP Konsentrasi di Ponsel Lipat

Dari lima merek besar, Huawei untuk pertama kalinya menempati posisi teratas dengan pangsa pasar 35 persen. Pertumbuhan pengiriman Huawei secara YoY melonjak sampai 257 persen.

Menurut Counterpoint, faktor yang mengantarkan Huawei pada pencapaian itu yakni dukungan jaringan 5G yang menyertai ponsel lipat perusahaan. Sementara model sebelumnya masih mendukung jaringan 4G LTE.

Ponsel lipat 5G yang dimaksud yaitu Huawei Mate X5 yang rilis di China pada September 2023. Huawei Pocket 2 yang rilis Februari 2024 juga turut mendongkrak pengiriman ponsel lipat Huawei di triwulan pertama tahun ini.

Huawei Mate X5 tersedia dalam pilihan warna Feather White, Feather Black, Feather Gold, Green Mountain Dai, dan Phantom Purple. 
Huawei Huawei Mate X5 tersedia dalam pilihan warna Feather White, Feather Black, Feather Gold, Green Mountain Dai, dan Phantom Purple.

Samsung membuntuti Huawei di peringkat kedua dengan pangsa pasar 23 persen. Jumlah tersebut turun 42 persen dibanding kuartal I-2023.

Baca juga: Ponsel Lipat Huawei Mate X5 Meluncur, Mirip X3 tapi Lebih Bertenaga

Kemudian Honor dan Motorola berada di peringkat ketiga dan keempat dari lima merek ponsel lipat teratas global. Pangsa pasar Honor di pasar ponsel lipat adalah 12 persen, naik 460 persen secara YoY, didorong oleh ponsel Honor Magic V2 dengan pengiriman paling banyak di Eropa Barat.

Motorola juga menuai pertumbuhan pesat sampai 1.473 persen, sehingga mengantongi pangsa pasar 11 persen pada kuartal I-2024. Menurut Counterpoint, pencapaian Motorola ini didorong oleh ponsel Razr 40.

Rincian daftar merek smartphone lipat terbesar kuartal I-2024 versi Counterpoint sebagai berikut.

  1. Huawei - 35 persen
  2. Samsung - 23 persen
  3. Honor - 12 persen
  4. Motorola - 11 persen

Ponsel lipat ala buku lebih laris

Counterpoint menyebutkan bahwa ponsel lipat dengan gaya lipat ala buku seperti Galaxy Z Fold, menyumbang 55 persen dari total pengiriman ponsel lipat kuartal I-2024.

Padahal, sebelumnya ponsel lipat dengan gaya lipat clamshell alias seperti cangkang kerang ala Galaxy Z Flip, lebih populer sejak tahun 2021.

Baca juga: Apple Diam-diam Siapkan 2 iPhone Lipat

Firma riset itu menilai bahwa sejak sejumlah merek ponsel China menelurkan ponsel lipat baru dengan gaya lipat seperti buku, model clamshell menjadi tersaingi.

Kendati begitu, Counterpoint meramalkan bahwa ponsel lipat clamshell akan tetap tumbuh pada tahun ini. Apalagi beberapa ponsel lipat model tersebut juga kemungkinan rilis dalam waktu dekat, misalnya Samsung Galaxy Z Flip baru yang biasanya rilis sekitar kuartal III setiap tahunnya.

Huawei, Honor dan Xiaomi juga diyakini menyiapkan ponsel lipat clamshell untuk kian meramaikan pasar smartphone lipat, dihimpun KompasTekno dari situs Counterpoint, Senin (3/6/2024).

Untuk diketahui, Counterpoint Research dalam penelitiannya menghimpun data berdasarkan jumlah perangkat sell-in, atau penjualan barang dari produsen ke distributor. Bukan penjualan langsung ke konsumen (sell-out).

Adapun untuk menghimpun data sell-in, Counterpoint menggunakan beragam sumber, seperti data global, laporan dari OEM (produsen peralatan asli), retail, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com