Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Lipat Vivo X Fold 3 Pro dan X100 Series Meluncur di Indonesia 12 Juni

Kompas.com - 07/06/2024, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Vivo memastikan ponsel terbarunya, Vivo X Fold 3 Pro dan Vivo X100 series, bakal diluncurkan di Indonesia pada 12 Juni 2024.

Peluncuran duo HP Vivo ini diumumkan oleh akun resmi Vivo di media sosial Instagram.

Video yang diunggah oleh akun dengan handle @vivo_indonesia ini menampilkan ponsel lipat (foldable) Vivo X Fold 3 Pro berwarna putih, dan smartphone flagship Vivo X100 series berwarna hitam.

Baca juga: Tanda-tanda HP Lipat Vivo X Fold 3 Pro Segera Masuk Indonesia

Keduanya sama-sama menggandeng perusahaan lensa Zeiss untuk merancang kameranya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by vivo Indonesia (@vivo_indonesia)

Kemudian, bagian akhir video dilengkapi tulisan "Ponsel resmi untuk UEFA Euro 2024". UEFA Euro 2024 merupakan kejuaraan sepak bola internasional empat tahunan, yang digelar oleh Union of European Football Associations (UEFA) mulai 14 Juni 2024 mendatang.

Baca juga: Ponsel Lipat Makin Populer, Tipe Buku Geser Clamshell

Posting tersebut juga dibubuhi teks (caption) bertulisan "Keanggunan desain #BeyondExcellence Dual Flagship lebih dari sekadar indah, tetapi juga menawan. (Ponsel ini) segera meluncur pada 12 Juni 2024".

Selain desain dan tanggal rilis, posting Vivo Indonesia di Instagram tidak mengumbar detail soal spesifikasi dan harga smartphone Vivo X Fold 3 Pro serta Vivo X100 series.

Adapun HP Vivo X Fold 3 Pro sudah dirilis di India pada Kamis (6/6/2024), sedangkan Vivo X100 series sebelumnya sudah meluncur di China pada November 2023. Spesifikasi dan harga kedua smartphone Vivo tersebut bisa disimak di bawah ini.

Spesifikasi Vivo X Fold 3 Pro

Vivo X Fold 3 Pro sudah dibekali kemampuan tahan air dengan rating IPX8. Artinya, ponsel ini tahan di dalam air tawar maksimal 1,5 meter selama 30 menit.Vivo Vivo X Fold 3 Pro sudah dibekali kemampuan tahan air dengan rating IPX8. Artinya, ponsel ini tahan di dalam air tawar maksimal 1,5 meter selama 30 menit.
Smartphone Vivo X Fold 3 Pro merupakan "saudara" dari Vivo X Fold 3 "reguler" yang debut di China pada Maret 2024 lalu. China kebagian kedua model tersebut, sedangkan India dan Indonesia hanya kebagian model dengan embel-embel "Pro" saja.

Vivo X Fold 3 Pro menjadi ponsel lipat paling tipis di India. Gawai ini memiliki ketebalan 11,2 mm dalam keadaan terlipat seperti buku, dan 5,2 mm ketika terbentang. Bobotnya juga cukup ringan yakni 236 gram.

Bicara soal lipatan, Vivo mengeklaim telah meningkatkan mekanisme engsel (hinge) ponsel, yang kini bisa menahan 100 lipatan setiap harinya untuk 12 tahun.

Baca juga: HP Vivo X100 Ultra Meluncur dengan Kamera Periskop 200 MP

Vivo X Fold 3 Pro mengusung layar utama AMOLED E7 berbentang 8,03 inci yang mendukung teknologi LTPO, resolusi 2K, refresh rate variabel (VRR) 1 hingga 120 Hz, HDR 10 Plus, Dolby Vision, kaca UTG, dan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 4.500 nits.

Sementara itu, layar sekundernya (cover screen, posisi terlipat) memiliki panel AMOLED LTPO berdiagonal 6,53 inci, dengan resolusi Full HD Plus, VRR 1 hingga 120 Hz, kaca pelindung Armor Glass, Dolby Vision, dan brightness maksimum 4.500 nits.

Di sektor dapur pacu, smartphone lipat ini ditenagai System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini dipadukan dengan RAM LPDDR5X 16 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 4.0 512 GB.

Vivo X Fold 3 Pro ditopang oleh baterai jumbo berkapasitas 5.700 mAh, yang mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) via kabel (wired) berdaya 100 Watt, dan tanpa kabel (wireless) berdaya 50 Watt.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com