Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamer "Headset" VR Tanpa Kabel

Kompas.com - 18/08/2016, 12:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Kecuali produk yang didesain untuk dipakai dengan ponsel, headset virtual reality (VR) di pasaran saat ini memerlukan kabel yang tersambung ke komputer untuk menyalurkan data.

Tapi tidak demikian halnya dengan Project Alloy, headset VR bikinan Intel yang sepenuhnya wireless alias tanpa kabel.

Perangkat tersebut dipamerkan di panggung Intel Developer Conference yang berlangsung di San Francisco, AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (18/8/2016).

Project Alloy memiliki komputer dan sensor yang sudah menyatu di dalam unit headset. Sebab itulah ia tak perlu tersambung ke komputer seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Intel menggunakan sepasang kamera RealSense yang terpasang di Project Alloy untuk memetakan lingkungan di sekitar, termasuk tangan pengguna. Konsep ini disebut Intel sebagai “Merged Reality”, setipe dengan konsep mixed reality yang diusung oleh Microsoft melalui headset HoloLens.

Hardware Project Alloy akan dibuka sebagai teknologi Open Source pada paruh kedua 2017. Intel juga bekerja sama dengan Microsoft untuk menjalankan Windows Holographics (software untuk HoloLens) di headset Project Alloy.

Belum jelas kapan headset VR wireless besutan Intel ini akan mulai tersedia atau dibikin oleh pihak lain dengan basis hardware open source.

Sebagai headset dengan komputer terintegrasi, kemampuan komputasi dan oleh grafis Project Alloy tak akan setinggi produk lain yang tersambung ke komputer. Namun perangkat ini masih bisa menjadi kompetitor headset VR berbasis smartphone seperti Project Daydream dari Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com