Kompas.com - 18/02/2020, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Samsung dan Netflix mengumumkan kerja sama. Dalam kesepakatan tersebut, Netflix bakal memberikan layanan-layanan khusus untuk para pengguna smartphone Samsung Galaxy.

Kabar ini diumumkan oleh vendor smartphone asal Korea Selatan itu saat agenda peluncuran Samsung Galaxy S20 di San Francisco, California, AS pada pekan lalu.

"Tujuan kemitraan ini menciptakan pengalaman terbaik dalam menonton Netflix di ponsel Samsung," ujar Kepala Pemasaran Netflix, Jackie Lee-Joe di atas panggung. 

Berdasarkan kesepakatan kerja sama, Netflix akan memberikan bonus konten untuk para pengguna Samsung. Netflix mengklaim bahwa bonus konten itu tidak akan ditemukan di platform lain.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Konten-konten tersebut berisikan cuplikan behind the scene dari film-film original populer Netflix, cerita dari kisah pendamping atau aktor, dan konten bonus lainnya yang akan direkam menggunakan kamera teranyar Samsung Galaxy S20.

Konten bonus ini akan diawali dengan tayangan "Narcos: Mexico," "Sintonia," "Elite" dan "Netflix is a Joke."

Kabarnya, kerja sama ini akan dilaksanakan dalam satu dekade. Netflix berjanji akan menciptakan lebih banyak lagi konten bonus ke depannya. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet, Selasa (18/2/2020), konten original ini akan dipublikasikan melalui Netflix, kanal media sosial Samsung, dan situs Samsung.com. 

Selain memberikan konten bonus untuk para pengguna Samsung Galaxy, Samsung sendiri juga memberikan kemudahan untuk pengguna saat mengakses Netflix  dengan melalui asisten virtual Samsung, Bixby dan Finder.

Baca juga: Smart TV Xiaomi, Turun Harga dan Sudah Bisa Netflix

Bentuk kerja sama ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh Samsung, sebelumnya Samsung sempat bekerja sama dengan aplikasi streaming musik Spotify pada 2018.

Langkah Netflix menggandeng Samsung dilakukan guna mempertahankan dirinya dalam persaingan bisnis video-on-demand dalam skala global. Sedangkan Samsung melakukannya guna bersaing dengan kompetitornya, Apple.

Namun, sebelum kerja sama ini terjadi, beberapa kompetitor perusahaan penyedia layanan streaming film lainnya sudah lebih dulu bekerja sama dengan perusahaan ponsel lain.

Beberapa di antaranya adalah Disney+ yang bekerja sama dengan Verizon phone, aplikasi streaming Qubi yang bekerja sama dengan operator T-Mobile, dan Apple yang juga mendirikan layanan Apple TV Plus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.