Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Lampu Merah di Persimpangan?

Kompas.com - 10/07/2020, 07:04 WIB
Putri Zakia Salsabila ,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Droid-Life

KOMPAS.com - Google sedang menguji coba menampilkan informasi lampu pengatur lalu lintas di layanan Google Maps. Ikon lampu pengatur lalu lintas (traffic light) akan ditampilkan di persimpangan yang ada lampu lalu lintasnya.

Ikon lampu lalu lintas ini masih disebar secara acak, dan dilaporkan muncul di Google Maps versi 10.44.3. Beberapa pengguna di AS, khususnya yang tinggal di wilayah Iowa, mengaku melihat ikon lampu lalu lintas ini.

Ikon lampu lalu lintas akan terlihat baik saat menjelajah peta atau dalam mode navigasi. Ukuran ikon lampu lalu lintas itu dikatakan akan membesar dalam mode navigasi.

Baca juga: Google Maps Rilis Fitur untuk Permudah Navigasi Saat New Normal

Ikon lampu lalu lintas yang terlihat kecil dalam aplikasi Google mapsDroid-Life Ikon lampu lalu lintas yang terlihat kecil dalam aplikasi Google maps

Meskipun demikian, ikon lampu lalu lintas ini tampaknya tidak secara aktif menunjukkan status warna lampu secara real-time. Google juga belum menampilkan instruksi navigasi yang terkait dengan lampu lalu lintas ini.

Pesaing Google, Apple Maps, saat ini telah memiliki fitur lampu lalu lintas di layanan petanya, bersamaan dengan update iOS 13. Apple Maps juga bisa memberikan saran untuk berbelok apabila pengemudi akan menjumpai lampu merah atau rambu-rambu berhenti di depan.

Google sendiri tampaknya tidak secara aktif memberi tahu penggunanya tentang adanya ikon lampu lalu lintas ini di layanan petanya.

Baca juga: Google Maps Tertipu oleh 99 Ponsel di Gerobak

Dirangkum KompasTekno dari Droid-Life, Jumat (10/7/2020), belum diketahui tujuan penambahan ikon lampu lalu lintas pada Google Maps. Namun disinyalir, fitur tersebut akan memiliki fungsi yang serupa di Apple Maps.

Pengguna Google Maps diharapkan bisa mendapatkan kemudahan saat bernavigasi dalam keadaan terdesak.

Misalnya, pengguna dapat menghindari rentetan lampu merah di sepanjang persimpangan yang ada dalam rute, dan memilih jalan memutar untuk menghindari waktu tempuh yang lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Droid-Life


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com