Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Sudah Bisa Jajal iOS 14, Begini Caranya

Kompas.com - 10/07/2020, 10:38 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Setelah diumumkan di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) beberapa pekan lalu, pengguna pengguna iPhone, iPad, dan iPod touch kini sudah bisa menjajal iOS 14 dan iPadOS 14 versi awal atau "public beta".

Cara menjajalnya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan perangkat yang ingin dipasangi iOS 14 dalam program "Apple Beta Software Program" di tautan berikut. Kemudian, masuk (login) menggunakan akun Apple ID Anda.

Untuk kemudahan, pastikan Anda mengakses situs tersebut menggunakan iPhone, iPod touch, atau iPad yang ingin diperbarui.

Baca juga: 7 Fitur Baru iOS 14 yang Sudah Ada di Android Sejak Lama

Nah, setelah login, pilih menu "Enroll your devices" pada bagian atas halaman. Beberapa saat kemudian, perangkat akan memasang semacam profil agar bisa diperbarui dengan sistem operasi teranyar. 

Setelah selesai, restart iPhone Anda dan pergi ke menu "Settings" > "General" > dan "Software Update". Di halaman tersebut, Anda lantas bisa langsung memperbarui (update) iOS 13 Anda ke iOS 14.

Perlu dicatat, pembaruan sistem operasi ini bisa memakan waktu. Artinya, Anda dianjurkan untuk memiliki koneksi internet yang stabil dan kuota yang besar untuk melakukan update.

Penting pula untuk diingat, sebelum memperbarui versi iOS atau iPadOS, ada baiknya untuk mencadangkan (backup) perangkat terlebih dahulu.

Pencadangan bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman pengaturan (Settings) dan klik menu yang menampilkan nama pengguna. Kemudian, pergi ke menu "iCloud" > "iCloud Backup" > dan "Back Up Now".

Pencadangan juga bisa dilakukan melalui iMac atau Macbook dengan cara menghubungkan iPhone, iPad, atau iPod touch yang mendukung iOS 14 dengan kabel.

Fitur dan perangkat yang mendukung iOS 14

Sebagai suksesor iOS 13, iOS 14 hadir dengan sederet fitur baru yang fokus di pemolesan tampilan antarmuka (UI).

Beberapa di antaranya seperti fitur App Library yang mirip App Drawer (laci aplikasi) di Android, widget yang kini bisa menghiasi home screen, fitur picture-in-picture (PiP) yang sebelumnya hadir di iPad, dan beragam pembaruan aplikasi bawaan.

Baca juga: Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 14

Sistem operasi teranyar ini sendiri mendukung sejumlah perangkat Apple, mulai dari iPhone 6s hingga iPhone 11, iPod touch generasi ketujuh, serta iPhone SE (generasi pertama dan kedua).

Untuk perangkat iPad, iPadOS 14 bisa dipasang mulai dari iPad Air 2 (atau yang paling baru), iPad Pro, iPad generasi kelima ke atas, serta iPad mini 4 ke atas.

Bagi Anda yang belum berani untuk memasang iOS 14 dan iPadOS 14 versi public beta, mungkin karena takut masih banyak masalah (bug), bisa bersabar hingga beberapa bulan.

Sebab, sistem operasi terbaru ini rencananya bakal lepas dari embel-embel "beta" pada September mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Jumat (10/7/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com