Daftar 5 Besar Pabrikan Laptop Global, Siapa Teratas?

Kompas.com - 19/08/2020, 15:29 WIB
Ilustrasi Laptop cnet.comIlustrasi Laptop
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 dan tren work from home membuat jumlah pengiriman laptop secara global mengalami peningkatan pada kuartal kedua 2020.

Laporan firma riset pasar Strategy Analytics menunjukkan bahwa total pengiriman perangkat
laptop dunia meningkat hingga 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Permintaan laptop yang meningkat dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengguna untuk menunjang produktivitas mereka selama masa karantina, juga e-learning, dan bermain game.

Baca juga: Toshiba Menyerah dari Bisnis Laptop Setelah 35 Tahun

Lenovo masih menjadi vendor yang mendominasi pasar laptop dunia dengan pangsa pasar 25 persen dan total pengiriman perangkat sebanyak 13 juta unit.

Selanjutnya, Hewlett Packard (HP) berada di posisi kedua dengan pertumbuhan jumlah pengapalan laptop hingga 24,8 persen dengan total pengiriman 13,4 juta unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Total market share dan pengiriman laptop secara global pada kuartal II-2020gizmochina.com Total market share dan pengiriman laptop secara global pada kuartal II-2020

Jika dilihat dari tabel di atas, HP mengalami peningkatan market share yang signifikan dari 22,3 persen menjadi 24,8 persen pada Q2 2020.

Di belakang HP, ada Dell yang menempati posisi ketiga dengan pertumbuhan mencapai 15,6 persen dan total pengiriman laptop sebanyak 8,4 juta unit.

Apple tercatat mengalami pertumbuhan mencapai 8,5 persen dengan mengirimkan 4,6 juta unit perangkat laptop.

Baca juga: AMD Perkenalkan Dua Prosesor Baru untuk Laptop Murah

Ada pula Acer yang berada di peringkat kelima dengan pertumbuhan pengiriman perangkat tablet hingga 6,7 persen dan total pengiriman laptop sebanyak 3,6 juta unit.

Secara keseluruhan, tercatat bahwa total pengiriman laptop dunia mencapai 54,2 juta unit pada kuartal kedua 2020 sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (18/8/2020).

Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan pada kuartal yang sama tahun 2019
yang hanya mencatat total pengiriman sebanyak 42,5 juta unit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.