Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S

Kompas.com - 17/09/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi PS5 (kiri) dan Xbox Series X (kanan). TechradarIlustrasi PS5 (kiri) dan Xbox Series X (kanan).

KOMPAS.com - Sony akhirnya meluncurkan konsol game PlayStation 5 ( PS5) dalam sebuah acara yang digelar online, Kamis (17/9/2020) dinihari.

Dalam acara tersebut, Sony mengumumkan ketersediaan serta harga PlayStation 5. Pengumuman ini digelar kurang lebih satu minggu setelah Microsoft mengumumkan harga dan ketersediaan Xbox Series X dan Series S.

Dengan begitu, kini informasi seputar konsol game generasi terbaru, alias next-gen, besutan Microsoft dan Sony sudah benar-benar terkonfirmasi, baik itu dari aspek desain, spesifikasi, maupun harga dan ketersediaan. Lantas, apa saja perbedaannya?

Desain

Dari luar, PS5 yang tampil elegan dengan perpaduan warna putih dan hitam, baik itu versi standar maupun digital, tampak lebih ramping dibanding Xbox Series X yang mengusung desain "gemuk" menyerupai balok.

Baca juga: Sony Pastikan PS5 Bakal Masuk Indonesia

Meski demikian, dua model PS5, berikut Xbox Series X, terlihat kalah ringkas dengan Xbox Series S yang ukurannya disebut 60 persen lebih kecil dari "saudaranya". Model ini juga tampil dengan warna putih, alih-alih hitam pekat seperti Xbox Series X.

Di atas kertas, apabila didirikan secara vertikal menghadap ke depan, PS5 versi standar memiliki tinggi 39 cm, lebar 10,4 cm, dan panjang 26 cm.

Karena tidak ada laci (slot drive) untuk memasukkan cakram (disc), lebar versi digital sendiri sedikit lebih kecil, yakni hanya 9,2 cm

Sementara itu, Xbox Series X lebih pendek dibanding PS5, dengan tinggi 30,1 cm, berikut lebar 15,1 cm, dan panjang 15,1 cm.

Baca juga: PlayStation 5 Punya Versi Digital Edition, Apa Itu?

 

Gambar rekaan dari EvilBoris HDR berisi perbandingan ukuran PlayStation 5 dengan konsol lain. Dari kiri ke kanan: Xbox One X, XBox Series X, PS5, PS5 Digital Edition, dan PS4.@EvilBoris/ Twitter Gambar rekaan dari EvilBoris HDR berisi perbandingan ukuran PlayStation 5 dengan konsol lain. Dari kiri ke kanan: Xbox One X, XBox Series X, PS5, PS5 Digital Edition, dan PS4.

Di samping ukuran, bobot PS5 dan Xbox Series X juga nyaris identik. Bobot PS5 versi standar tercatat di angka 4,5 kg, sedangkan Xbox Series X memiliki berat 4,45 kg. Sementara itu, PS5 versi digital sedikit lebih enteng dengan bobot 3,9 kg.

Halaman:


Sumber ENGADGET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X