21 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Dihapus

Kompas.com - 26/10/2020, 14:18 WIB
Ilustrasi Google Play Store cnet.comIlustrasi Google Play Store

KOMPAS.com - Perusahaan keamanan siber, Avast menemukan 21 aplikasi Android berbahaya, yang menggunakan beberapa trik untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan pengguna.

Semua aplikasi yang ditemukan ini masuk dalam kategori "adware".

"Pengembang adware kini semakin banyak menggunakan platform media sosial. Kali ini, pengguna melaporkan bahwa mereka menjadi sasaran iklan yang mempromosikan game lewat aplikasi," kata Jakub Vavra, peneliti virus dari Avast.

Baca juga: Ingin Hapus Foto Rumah di Google Street View? Begini Caranya

Menurut Jakub, program jahat ini juga bisa menyimulasikan klik iklan yang agresif untuk ditampilkan kepada pengguna.

Google sebenarnya telah memiliki program perlindungan untuk aplikasi-aplikasi yang beredar di Play Store.

Namun perlindungan yang dimiliki Google itu belum bisa menanggulangi semua program-program jahat seperti adware, ransomware, spyware, dan semua jenis trojan dan virus, yang terus-terusan merongrong keamanan Play Store.

"Google melakukan segala kemungkinan untuk mencegah HiddenAds masuk ke dalam Play Store. Namun, aplikasi jahat terus mencari cara untuk menyamarkan tujuan mereka, sehingga berhasil menyelinap ke dalam platform, lalu menyusupi ponsel pengguna," ujar Jakub.

Baca juga: 17 Aplikasi Ini Terinfeksi Malware Joker, Segera Hapus dari Ponsel Android Anda

HiddenAds adalah malware jenis trojan yang seolah menyamar sebagai aplikasi yang aman dan berguna. Setelah diunduh, maka aplikasi akan menampilkan iklan secara terus-menerus (spam).

Berikut ini adalah 21 aplikasi Android adware yang ditemukan Avast, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (26/10/2020).

1. Shoot Them

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X