Huawei Mate 40 Pro Cetak Rekor Skor Foto DxOMark

Kompas.com - 27/10/2020, 07:04 WIB
Huawei Mate 40 pro HuaweiHuawei Mate 40 pro
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Ponsel-ponsel bikinan Huawei bisa dibilang langganan bertengger di urutan teratas ranking DxOMark, situs benchmark kamera dan perangkat digital imaging.

Mate 40 Pro yang baru saja dirilis pun tak terkecuali. Smartphone ini mengembalikan nama Huawei di urutan teratas, menggeser Mi 10 Ultra dari Xiaomi yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Skor Mate 40 Pro sebesar 136 poin mencatat rekor tertinggi di pengujian kamera ponsel DxOMark. Demikian juga skor fotonya yang sebesar 140 poin. Sementara, skor untuk zoom dan video, masing-masing adalah 88 poin dan 116 poin.

DxOMark menyoroti kemampuan Mate 40 Pro menangkap nilai tonal dalam rentang iluminasi (dynamic range) yang luas. Jepretan ponsel ini memperlihatkan lebih banyak detail di area gelap (shadows) dan area terang (highlights) pada gambar.

Baca juga: Huawei Mate 40, Mate 40 Pro, dan Mate 40 Pro Plus Resmi Meluncur

Mate 40 Pro pun diberi julukan "dynamic range monster" oleh situs tersebut. Menurut DxOMark, kamera Mate 40 Pro mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi dan noise rendah, termasuk dalam kondisi low-light.

"Selain itu, Mate 40 Pro menjaga tangkapan dynamic range yang luas di semua tingkat cahaya. Kompetitornya banyak yang bisa merekam gambar dengan detail highlights dan shadow yang bagus di kondisi terang, tapi kesulitan saat remang-remang," tulis DxOMark.

Dalam pengujian DxOMark, Huawei Mate 40 Pro(kiri) mampu menangkap lebih banyak detil di area gelap dan terang pada gambar dibanding Huawei P40 Pro (tengah) dan Xiaomi Mi 10 Ultra DxOMark Dalam pengujian DxOMark, Huawei Mate 40 Pro(kiri) mampu menangkap lebih banyak detil di area gelap dan terang pada gambar dibanding Huawei P40 Pro (tengah) dan Xiaomi Mi 10 Ultra

Selain dynamic range, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DxOMark, Selasa (26/10/2020), Mate 40 Pro juga menunjukkan peningkatan dibanding ponsel Huawei sebelumnya, P40 Pro, dalam hal rendering warna.

Menurut DxOMark, warna-warna dari kamera Mate 40 Pro ditampilkan dengan white balance yang akurat dan sedap dipandang di semua situasi. Color cast yang biasanya sedikit mengganggu di kamera P40 Pro, tak ditemukan di Mate 40 Pro.

Satu kelemahan kamera Mate 40 Pro adalah depth of field yang tipis, karena menggunakan sensor berukuran besar, dengan aperture lensa yang besar pula.

Akibatnya, obyek lain yang terpaut jarak dari obyek yang menjadi pusat fokus bisa agak buram, karena berada di luar bidang tajam.

Baca juga: Huawei Resmikan Petal Search, Mesin Pencari Saingan Google

Halaman:


Sumber DxOMark
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X