Cara Mudah Bersih-bersih RAM di Ponsel Android dan iPhone

Kompas.com - 26/10/2020, 15:03 WIB
Ilustrasi storage pada smartphone phonearena.comIlustrasi storage pada smartphone


KOMPAS.com - Setiap smartphone memiliki, komponen bernama Random Access Memory ( RAM) di dalamnya. Komponen RAM itulah yang bekerja lebih keras ketika smartphone membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka performa akan semakin lambat. Agar performa ponsel kembali seperti semula, salah satu cara yang dapat dilakukan pengguna adalah dengan membersihkan atau mengosongkan memori RAM. Cara membersihkannya pun cukup mudah.

Berikut beberapa cara mudah untuk membersihkan RAM pada ponsel Android dan iPhone.

Cara membersihkan RAM di ponsel Android

Pertama-tama, pengguna bisa mengecek barapa banyak RAM yang sudah terpakai di ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak memakan RAM.

Caranya, buka pengaturan di ponsel, kemudian cari menu "Memori". Di sana, pengguna akan menampilkan detail dasar tentang penggunaan RAM di ponsel Anda.

Atau Anda juga bisa langsung menulis kata kunci "Memori" di kolom pencarian dalam menu pengaturan agar bisa langsung menuju menu RAM.

Baca juga: Cara Mengecek Kapasitas dan Penggunaan RAM di Perangkat Android

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Setelah melihat daftar aplikasi yang rakus RAM, pengguna bisa menentukan apakah akan menghapus aplikasi tersebut atau tidak.

Menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan membantu meningkatkan jumlah ruang kosong yang dimiliki ponsel.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi, Anda bisa membuka "Setting" kemudian pilih "Apps" atau "Application Manager".

Ketuk aplikasi tersebut dan ketuk "Uninstall" untuk menghapusnya. Perlu diingat, ada sejumlah aplikasi yang tidak bisa dihapus dari ponsel.

Jika demikian, maka pengguna bisa menghentikan aplikasi tersebut secara paksa dengan memilih menu "disable".

2. Gunakan alternatif aplikasi yang tidak rakus RAM

Jika ada aplikasi di ponsel Anda yang menghabiskan banyak sumber daya, Anda bisa mencari beberapa alternatifnya.

Halaman:


Sumber wikihow
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X