MacOS Big Sur Sudah Bisa Diunduh, Ini Daftar Perangkat yang Mendukung

Kompas.com - 13/11/2020, 20:00 WIB
Apple MacOS Big Sur Mac RumorsApple MacOS Big Sur

KOMPAS.com - Pengguna Mac akhirnya sudah bisa mengunduh MacOS Big Sur. Hal ini sesuai dengan janji Apple dalam acara virtual bertajuk "One More Thing" beberapa waktu lalu.

 

Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan MacBook Air dan Pro terbaru sekaligus memastikan tanggal peluncuran sistem operasi Big Sur.

Big Sur menjadi sistem operasi pertama yang berjalan di ekosistem Mac dengan "otak" berbasis ARM.

Sekilas, antarmuka MacOS mirip dengan tampilan iOS dan iPadOS. Big Sur juga kompatibel dengan perangkat MacBook Pro, Air, dan Mac Mini yang diotaki chip M1 berbasis ARM.

Apple pun mengatakan telah mengoptimalkan Big Sur agar bisa berjalan maksimal di perangkat dengan chipset berbasis ARM.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kemampuan menjalankan aplikasi berbasis iOS dan iPadOS. Kemampuan tersebut sebelumnya tidak ditemukan komputer Mac dengan chip Intel.

Baca juga: Hati-hati, Ransomware Baru Mulai Menyerang MacOS

Namun, perlu diingat, tidak semua komputer Mac yang saat ini berjalan dengan sistem operasi MacOS Catalina bisa upgrade ke MacOS Big Sur.

Seperti MacBook Air 2012 dan sebelumnya, MacBook Pro yang rilis pertengahan tahun 2013 hingga awal 2013, Mac Mini 2013 ke bawah, dan iMacs 2013 ke bawah.

Untuk memastikan apakah perangkat Anda kompatibel dengan MacOS Big Sur atau tidak ikuti langkah yang ada di situs resmi Apple berikut.

Adapaun perangkat yang kompatibel dengan Big Sur adalah sebagai berikut, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Jumat (13/11/2020)

Halaman:


Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X