Ramalan Steve Jobs, Bill Gates, dan Jeff Bezos yang Jadi Kenyataan

Kompas.com - 05/01/2021, 20:02 WIB
Steve Jobs pendiri Apple. SHUTTERSTOCKSteve Jobs pendiri Apple.

KOMPAS.com - Smartphone, cloud, e-commerce hingga asisten digital dan smartphone sekarang bukan lagi barang aneh, meski mungkin tak pernah terbayangkan oleh sebagian besar orang beberapa dekade yang lalu.

Namun, ada segelintir tokoh terkenal yang pernah meramal kedatangan produk-produk teknologi tersebut.

Mereka adalah para visioner seperti pendiri Apple Steve Jobs, pendiri Microsoft Bill Gates, dan pendiri Amazon Jeff Bezos, yang sudah memimpikan teknologi dunia hari ini sejak jauh sebelumnya pada dekade 1980-an hingga 1990-an.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SCMP, Senin (4/1/2021), berikut ejumlah prediksi ketiganya yang terdengar kurang masuk akal ketika pertama kali diucapkan, tapi sekarang sudah menjadi kenyataan.

Steve Jobs

CEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California.BBC CEO Apple Steve Jobs pada peluncuran iPhone baru tanggal 9 Januari 2007 di San Francisco, California.
Pada tahun 1984, pendiri Apple ini pernah memprediksi bahwa nantinya orang akan membawa-bawa semacam kotak kecil yang mempu memenuhi aneka kebutuhan. Alat tersebut juga "pintar" dan bisa melakukan banyak hal.

“Saya selalu berpikir akan sangat menyenangkan memiliki kotak kecil, semacam batu tulis yang bisa Anda bawa,” kata Jobs.

Berselang 20 tahun kemudian, Jobs mewujudkan sendiri alat impiannya itu lewat iPhone, sang pelopor ponsel pintar berdesain modern, yang meluncur pada 2007.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 2010 Hari Ini Terbukti

Di dalam iPhone kemudian hadir Siri, sotware asisten digital yang dirancang untuk menjawab pertanyaan pengguna dengan secepat dan setepat mungkin. Siri sekarang bisa mengerti perintah yang diucapkan dalam 38 bahasa berbeda.

Tahun 1996, Jobs juga pernah meramal bahwa nantinya showroom kendaraan tak perlu menyimpan banyak stok barang karena pembeli akan bisa membeli secara online. Kali ini prediksinya itu diwujudkan oleh pabrikan mobil listrik Tesla.

Pada 2008, saat membuka showroom pertamanya di Los Angeles, Tesla hanya memajang sedikit mobil. Para pembeli dapat langsung memesan kendaraan custom yang mereka inginkan melalui pramuniaga mereka ataupun secara online.

Halaman:


Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X