Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk dan Jeff Bezos Sebut Presentasi dengan PowerPoint "Buang Waktu"

Kompas.com - 21/01/2021, 17:10 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Apple, Steve Jobs bukanlah satu-satunya orang yang "membenci" aplikasi PowerPoint untuk keperluan rapat.

Pandangan mengenai hal tersebut juga pernah disampaikan oleh dua bos perusahaan teknologi asal AS, Jeff Bezos dan Elon Musk.

Pada Desember 2020 lalu, CEO Tesla Elon Musk, secara terang-terangan menyarankan petinggi perusahaan di Amerika Serikat untuk membatasi penggunaan PowerPoint saat rapat.

Menurut Musk, rapat dengan menggunakan PowerPoint hanya akan menguras banyak waktu yang sebetulnya bisa lebih dimanfaatkan untuk fokus dalam pengembangan produk atau layanan.

"Apakah para eksekutif di Amerika Serikat fokus pada peningkatan produk? Menurut saya tidak. Bijaklah mengatur keuangan, kurangi waktu untuk melakukan rapat, dan batasi penggunaan PowerPoint," ungkap Musk.

Baca juga: Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia, Bersiap Bangun Kota di Mars

Secara tersirat, Musk ingin para pemimpin perusahaan benar-benar fokus berinovasi pada produk dan layanan mereka. Dengan begitu, tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan tentu akan tercapai.

Selain itu, Musk juga menyarankan agar para pengusaha di AS lebih memahami apa kemauan konsumennya sehingga mereka tahu bagaimana menghasilkan produk yang berkualitas.

Lain halnya dengan Elon Musk, Jeff Bezos telah melarang penggunaan PowerPoint sejak 2004. Alasannya adalah PowerPoint dinilai tidak efektif untuk digunakan sebagai acuan atau pendukung dalam sesi rapat.

Sebagai gantinya, CEO Amazon itu memberikan memo sebanyak enam halaman kepada peserta rapat. Memo itu digunakan untuk menulis gagasan secara naratif ketika rapat berlangsung.

Setelah itu, para partisipan diberi waktu sekitar 30 menit untuk memahami ide atau topik yang sudah mereka tulis sebelum didiskusikan bersama-sama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Kamis (21/1/2021), Bezos menyebut bahwa gaya rapat yang dijalankan seperti ini merupakan langkah terbaik yang pernah mereka (Amazon) lakukan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Jeff Bezos, Bos Amazon dan Orang Terkaya Dunia

"Bertahun-tahun yang lalu, kami melarang menggunakan PowerPoint untuk menampilkan slide presentasi. Ini mungkin hal paling cerdas yang pernah kami lakukan," kata Bezos.

Menurut Bezos, cara ini akan menantang para karyawannya untuk benar-benar menunjukkan bahwa mereka telah membaca memo tersebut dengan baik.

Bezos beranggapan bahwa pertemuan atau rapat biasanya dilakukan untuk menyampaikan gagasan baru atau menyelesaikan sebuah masalah. Oleh sebab itu, pemahaman akan materi rapat sangatlah penting.

Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk rapat juga akan semakin singkat dan tak terbuang percuma.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs, Bill Gates, dan Jeff Bezos yang Jadi Kenyataan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com