7 Emoji Ini Sering Keliru Diartikan, Apa Makna Sebenarnya?

Kompas.com - 13/02/2021, 10:15 WIB
ilustrasi Emoji androidauthority.comilustrasi Emoji

KOMPAS.com - Saat ini, emoji sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari aktivitas berkirim pesan teks, baik di media sosial atau aplikasi perpesanan instan.

Pada 2020, jumlah emoji tercatat ada 3.136 buah di database Emojipedia. Pada 2021 jumlahnya akan naik menjadi 3.353 karena ada 217 emoji baru yang akan diluncurkan.

Ribuan bentuk emoji ini  antara lain terdiri dari berbagai raut dan ekspresi wajah, hingga beragam bentuk objek termasuk hewan, makanan, buah-buahan, alat musik, dan sebagainya.

Baca juga: Deretan Emoji Baru di 2020, Ada Bubble Tea hingga Ninja

Karena jumlahnya yang banyak dan bentuknya sangat beragam, tak jarang, para pengguna kerap menggunakan emoji untuk konteks yang kurang tepat.

Dari pengamatan KompasTekno terhadap sebuah diskusi di situs tanya jawab Quora, Kamis (11/2/2021), misalnya, ada tujuh emoji yang sering disalahartikan. Berikut ini selengkapnya.

ilustrasi emoji kissing face.Emojipedia ilustrasi emoji kissing face.
1. Emoji bersiul atau mencium?

Akun Quora bernama Himanshu Lokwal menjadi salah satu pengguna yang pertama kali memberikan jawabannya. Ia menceritakan salah satu insiden yang ia alami.

Seorang teman perempuannya pernah bermaksud mengirim emoji berisul kepada dirinya. Namun, yang ia terima justru emoji "kissing face" alias wajah saat mencium orang lain.

Teman perempuannya mengira emoji tersebut adalah untuk mengekspresikan seseorang berisul. Tahu bahwa emoji yang digunakan keliru, Himanshu menyuruh temannya untuk mengnelusuri arti emoji tersebut di internet.

Benar saja, ternyata emoji tersebut adalah ekspresi ketika mencium seseorang, sebagaimana diungkapkan di situs Emojipedia.

 

Ilustrasi emoji sleepy face.Emojipedia Ilustrasi emoji sleepy face.
2. Emoji sedih atau mengantuk?

Akun Kapil Kalra ikut memberikan jawabannya. Ia mengatakan bahwa banyak orang menggunakan emoji wajah kuning dengan mata tertutup, mulut sedikit terbuka, lengkap dengan hidung berair untuk menggambarkan perasaan sedih atau ekspresi mengeluh.

Padahal, menurut Emojipedia, emoji ini bernama sleepy face. Sesuai namanya, ia digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tengah mengantuk.

Baca juga: Apple Rilis iOS 14.2 dan iPadOS 14.2, Ada 100 Emoji Baru

Gelembung biru yang seolah keluar dari hidung itu menandakan wajah sedang lelah atau tertidur seperti yang ada di anime atau manga.

Halaman:


Sumber Emojipedia
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X