Instagram Lite Resmi Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 19/04/2021, 17:50 WIB
Instagram Lite InstagramInstagram Lite

KOMPAS.com - Setelah diuji coba beberapa tahun dan sempat menghilang, Instagram akhirnya resmi meluncurkan Instagram Lite di Indonesia. Instagram versi ringan ini hadir khusus di Android dan sudah bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store di tautan berikut.

Ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 2MB, jauh lebih kecil dibanding Instagram reguler yang berukuran 35MB. Dengan ukuran yang ringan itu, Instagram Lite bisa diunduh oleh perangkat dengan spesifikasi rendah yang biasanya memiliki kapasitas memori yang minim.

Baca juga: Ini Dia Stiker Ramadhan yang Bisa Dipakai di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Selain itu, Instagram Lite juga memungkinkan konsumsi data yang lebih sedikit ketimbang Instagram reguler.

Meski demikian, selisih ukuran apllikasi antara Instagram reguler dan Instagram Lite bukan tanpa konsekuensi. Dari pantauan KompasTekno, ada beberapa fitur Instagram reguler yang absen di Instagram Lite. Beberapa di antaranya adalah fitur Shop, IGTV, dan Instagram Live.

(ki-ka) Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Lite.Ist (ki-ka) Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Lite.

Pengguna Instagram Lite tidak bisa mengunggah IGTV, namun tetap bisa menonton unggahan IGTV yang lewat di lini masa.

Tampilan beranda dan menu eksplore kedua aplikasi pun tampak berbeda. Di beranda Instagram Lite, ikon notifikasi berada di sisi bawah seperti layout lama beranda Instagram. Hal itu dimungkinkan karena tidak ada ikon Instagram Shop.|

Baca juga: Instagram Uji Coba Tombol Penghilang Like

Kemudian di menu explore Instagram Lite, tidak ada tab kategori layaknya Instagram reguler. Instagram Stories juga tampak lebih irit fitur. Pengguna Instagram Lite masih bisa menggunakan aneka filter, stiker, tag lokasi, dan mention.

Namun, story tidak bisa dihiasi dengan GIF, polling pertanyaan, hitung mundur, reaksi, kuis, dan beberapa fitur Instagram Story reguler lainnya.

(ki-ka) Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Reguler.Ist (ki-ka) Tampilan beranda, eksplor, post, dan Instagram Story di Instagram Reguler.

Selain meluncurkan Instagram Lite, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (19/4/2021),  Instagram Indonesia juga memperkenalkan kampanye #MonthofGood untuk memeriahkan bulan Ramadhan.

Kampanye ini antara lain memperkenalkan stiker-stiker edisi Ramadhan

"Kami ingin Instagram menjadi tempat bagi para pengguna menjadi pribadi yang lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang-orang tercinta yang terhubung secara virtual,” kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X