Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Indosat Tambah Kapasitas Jaringan 4G

Kompas.com - 05/05/2021, 09:02 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, operator seluler Indosat melakukan sejumlah persiapan, termasuk menambah kapasitas jaringan 4G di sejumlah wilayah.

Hal tersebut dilakukan guna mengakomodir kebutuhan pengguna yang diprediksi bakal meningkat. Sebab, Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Menurut laporan Indosat, trafik data pada kuartal I-2021 tercatat mengalami kenaikan hingga 50 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun kecepatan unduh rata-rata juga disebut meningkat hampir 50 persen.

Baca juga: Negosiasi Merger Tri-Indosat Diperpanjang hingga 30 Juni

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan jaringan (monitoring) dan memastikan pelanggan tetap terhubung dengan nyaman, terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Menjelang Lebaran, kebutuhan telekomunikasi pelanggan akan semakin meningkat meskipun dengan pergerakan terbatas. Kami bertekad menjaga kualitas jaringan agar terus optimal baik di perkotaan maupun pedesaan, karena di masa ini silaturahmi menjadi yang terpenting meskipun dilakukan secara virtual," jelas Vikram dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (5/5/2021).

Menurut Vikram, kebijakan pemerintah yang menganjurkan masyarakat agar tetap berada di dalam rumah juga membuat trafik meningkat.

Di awal bulan Ramadhan, trafik data Indosat meningkat 8 persen dari hari biasa. Kecepatan unduh rata-rata pun turut terdongkrak sekitar 6 persen.

Pihak Indosat mencatat, peningkatan ini terjadi di wilayah Bodetabek, dan sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Baca juga: Cara Unreg Kartu Indosat IM3

Selama bulan Ramadhan, Indosat mengatakan akan terus memantau kualitas jaringannya melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), berikut dukungan lebih dari 1.600 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu.

Hingga pertengahan tahun ini, peningkatan kapasitas jaringan diklaim telah rampung setidaknya lebih dari 32 persen. Rencana fiberisasi jaringan juga disebut berhasil dieksekusi mencapai 33 persen dalam periode yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com