Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2021, 07:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CoinDesk

KOMPAS.com - Salah satu mata uang kripto (cryptocurrency), Dogecoin mengalami penguatan harga hingga menembus ke level tertinggi sepanjang masa

Pantauan KompasTekno dari Indodax, harga Dogecoin sempat menyentuh kisaran Rp 11.000 per keping pada Rabu (5/5/2021).

Angka tersebut bahkan mengalahkan rekor tertinggi sebelumnya, di mana Dogecoin pernah menyentuh angka sebesar Rp 6.860 pada April 2021.

Baca juga: Apa Itu Dogecoin, Mata Uang Kripto Lelucon yang Dipromosikan Elon Musk

Tercatat peningkatan tersebut terjadi sejak Selasa pekan ini. Harga Dogecoin yang mulanya berada di angka Rp 6.643 tiba-tiba mengalami lonjakan sebanyak 51,4 persen.

Peningkatan yang terjadi pada harga Dogecoin rupanya merupakan imbas dari platform pialang online eToro, yang kini menawarkan opsi pembayaran baru berupa Dogecoin.

Dihimpun KompasTekno dari Coin Desk, Kamis (6/5/2021), keputusan tersebut didorong oleh tingginya permintaan dari pihak klien eToro itu sendiri.

Berdasarkan isi e-mail yang dibagikan kepada pelanggannya, eToro menyatakan jika penambahan mata uang Dogecoin merupakan bagian dari perluasan layanan kripto yang dilakukan perusahaan.

"Di bawah branding, dogecoin didasarkan pada fondasi teknis yang kuat, menggunakan mekanisme bukti kerja, seperti Litecoin atau Bitcoin, dengan perbedaan kecil namun penting," tulis eToro dalam e-mail tersebut.

Kini ada lebih dari 20 juta pelanggan eToro dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang kripto yang diwakili oleh simbol meme "Doge" itu.

Baca juga: Kejadian Lagi, Harga Dogecoin Naik Dipicu Twit Elon Musk

Harga Dogecoin sendiri menunjukkan kecenderungan terus naik semenjak bulan April.

Beberapa waktu lalu, Dogecoin juga sempat membuat heboh kalangan trader cyrptocurrency. Mata uang kripto ini mendadak naik daun usai mendapat promosi dari CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CoinDesk


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com