Jelang Lebaran, Tri Perkuat Jaringan Seluler di 214 Titik

Kompas.com - 12/05/2021, 18:02 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

KOMPAS.com - Menjelang Lebaran 2021 ini, operator seluler Tri Indonesia melakukan optimasi kapasitas dan kualitas jaringan seluler miliknya. Optomasi jaringan ini dilakukan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia.

Adapun semua titik tersebut terbagi di sejumlah wilayah, yakni 71 titik di Kalimantan dan Sumatera, 8 titik di Sulawesi, dan 135 titik di Jawa serta Bali.

Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia M. Danny Buldansyah, mengatakan bahwa optimasi jaringan ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pelanggan selama Ramadan dan Idul Fitri.

"Kami terus mengawasi trafik yang terjadi melalui Network Operation Center yang bekerja 24/7 selama 365," kata Danny melalui keterangan resmi, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Negosiasi Merger Tri-Indosat Diperpanjang hingga 30 Juni

Dengan demikian, menurut Danny, Tri dapat mengantisipasi lonjakan trafik hingga 35 persen dari hari normal. Tri Indonesia juga menyiapkan power backup di setiap unit BTS guna mengantisipasi keadaan darurat.

Pada tahun lalu, Tri Indonesia mencatat adanya peningkatan trafik data saat momen Lebaran. Pasalnya, para pelanggan lebih banyak mengonsumsi konten digital selama periode tersebut. Pelanggan kerap menggunakan aplikasi mobile messaging untuk berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga minggu ketiga Ramadan tahun ini, Tri Indonesia mencatat ada kenaikan trafik data untuk akses media sosial dan marketplace online.

Baca juga: Ini Alasan Pelanggan di Indonesia Ganti Operator Seluler

Tri menemukan adanya peningkatan trafik data ke YouTube sebesar 22 persen, Shopee 21 persen, TikTok sebesar 20 persen, dan Mobile Legends sebesar 20 persen.

Kenaikan trafik ini diprediksi akan terus meningkat hingga Lebaran dengan angka kenaikan tertinggi di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.