Kompas.com - 17/06/2021, 12:33 WIB
ilustrasi smart TV PC Worldilustrasi smart TV

KOMPAS.com - Seiring dengan kemajuan teknologi, perangkat televisi pun kian berkembang. Dari yang sebelumnya menggunakan teknologi tabung (CRT), kini mulai berganti ke panel LCD maupun LED yang lebih tipis dan hemat energi.

Sekilas, TV LCD dan TV LED memiliki rupa dan bentuk yang sama. Namun, ada beberapa hal yang membedakan antara keduanya. Lantas, apa beda TV LCD dan LED?

Untuk mengetahu beda TV LCD dan LED, pertama kita mesti tahu apa itu LCD dan apa itu LED. 

Baca juga: Daftar TV Digital Harga Rp 1 Jutaan yang Bisa Dibeli Saat Ini

Apa itu TV LCD

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, penampang tampilan dengan bahan kristal cair.

Panel LCD menggunakan layar kristal dengan sinar neon atau fluorescent yang memancarkan cahaya putih (White Backlight atau Sidelight).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iluminasi LCD bekerja dengan cara menyinarkan fluorescent atau cahaya putih tersebut ke panel, untuk mengubah backlight tadi menjadi individu piksel yang membentuk gambar.

Cara kerja LCD menggunakan sistem polarisasi yang didefinisikan sebagai arah gelombang cahaya yang berisolasi, atau getaran cahaya dari belakang ke depan dengan kecepatan konstan.

Untuk memproduksi warna, LCD membutuhkan tiga warna penyaring, yakni merah, hijau, dan biru. Penyaring tersebut akan memblok semua cahaya dan melepaskan warna yang melintas melalui proses penyaringan, sehingga terbentuk piksel gambar.

Tipe panel LCD pun dibedakan berdasarkan cara kerja cairan kristal itu sendiri. Adapun beberapa tipe panel LCD tersebut diantaranya yaitu panel Twisted Nematic (TN), panel Vertical Alignment (VA), dan panel In-Plane Swtching (IPS).

Apa itu TV LED

Sedangkan LED adalah singkatan dari Light-Emitting Diode. TV LED bekerja mirip dengan panel LCD, namun dengan mengandalkan lampu diode sebagai sumber pencahayaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X