Cara Mengatasi Masalah Layar Hitam di Laptop Windows 10

Kompas.com - 18/06/2021, 16:11 WIB
Ilustrasi laptop (Dok. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi laptop

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendapati layar laptop Windows 10 Anda berubah menjadi hitam dan hanya menampilkan kursor saja? Ini adalah tanda di mana laptop sedang mengalami masalah black screen alias layar hitam.

Masalah layar hitam pada laptop Windows ini kerap membuat pengguna panik. Karena ketika layar menjadi hitam, laptop jadi tidak berfungsi seperti biasa.

Menurut halaman resmi Microsoft, masalah layar hitam atau black screen di laptop Windows 10 ini disebabkan oleh tiga hal.

Pertama, karena adanya masalah koneksi ke layar. Bisa juga karena masalah pembaruan driver adapter tampilan, atau karena masalah pembaruan sistem terbaru.

Nah, untuk mengatasi masalah layar hitam ini, pengguna perlu melihat kapan masalah layar hitam itu muncul.

Berikut dua skenario terjadinya layar hitam atau black screen di Windows 10 yang dapat dijadikan panduan pengguna untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Microsoft, Jumat (10/6/2021).

Black screen sebelum masuk ke Windows 10

Saat menghidupkan laptop, pengguna biasanya akan memasukkan password pada lockscreen terlebih dahulu. Nah, pada skenario pertama, masalah layar hitam dapat terjadi di tahap ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini mengakibatkan lockscreen tak bisa diakses dan pengguna tak bisa masuk ke tampilan utama Windows 10 karena mengalami masalah layar hitam. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.

Baca juga: Bocoran Tampilan Windows 11 yang Akan Diumumkan 24 Juni

1. Cek kondisi layar

Caranya ialah dengan menekan tombol CapsLock atau NumLock. Lihat apakah status untuk tombol tersebut menyala atau tidak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.