Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Masalah Layar Hitam di Laptop Windows 10

Kompas.com - 18/06/2021, 16:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendapati layar laptop Windows 10 Anda berubah menjadi hitam dan hanya menampilkan kursor saja? Ini adalah tanda di mana laptop sedang mengalami masalah black screen alias layar hitam.

Masalah layar hitam pada laptop Windows ini kerap membuat pengguna panik. Karena ketika layar menjadi hitam, laptop jadi tidak berfungsi seperti biasa.

Menurut halaman resmi Microsoft, masalah layar hitam atau black screen di laptop Windows 10 ini disebabkan oleh tiga hal.

Pertama, karena adanya masalah koneksi ke layar. Bisa juga karena masalah pembaruan driver adapter tampilan, atau karena masalah pembaruan sistem terbaru.

Nah, untuk mengatasi masalah layar hitam ini, pengguna perlu melihat kapan masalah layar hitam itu muncul.

Berikut dua skenario terjadinya layar hitam atau black screen di Windows 10 yang dapat dijadikan panduan pengguna untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Support Microsoft, Jumat (10/6/2021).

Black screen sebelum masuk ke Windows 10

Saat menghidupkan laptop, pengguna biasanya akan memasukkan password pada lockscreen terlebih dahulu. Nah, pada skenario pertama, masalah layar hitam dapat terjadi di tahap ini.

Ini mengakibatkan lockscreen tak bisa diakses dan pengguna tak bisa masuk ke tampilan utama Windows 10 karena mengalami masalah layar hitam. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.

Baca juga: Bocoran Tampilan Windows 11 yang Akan Diumumkan 24 Juni

1. Cek kondisi layar

Caranya ialah dengan menekan tombol CapsLock atau NumLock. Lihat apakah status untuk tombol tersebut menyala atau tidak.

Jika lampu status menyala, pengguna perlu menekan tombol kombinasi Windows + Ctrl + Shift + B.

Jika Windows responsif, pengguna akan mendengar bunyi "bip" singkat. Kemudian layar akan berkedip atau meredup selagi Windows mencoba me-refresh layar.

Jika lampu status tidak menyala, pengguna perlu menekan terus tombol daya di perangkat selama 10 detik untuk mematikannya. Lalu cabut adaptor. Setelah 30 detik, colokkan kembali adaptor dan mulai ulang perangkat Anda.

Seharusnya, dengan tindakan ini, masalah layar Windows jadi hitam ini sudah bisa teratasi.

2. Periksa koneksi layar

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com