10 Tips dan Trik Zoom Meeting yang Perlu Diketahui Siswa untuk PJJ

Kompas.com - Diperbarui 13/08/2021, 05:46 WIB
Ilustrasi Zoom. BusinessInsiderIlustrasi Zoom.

KOMPAS.com - Pemerintah resmi menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai tanggal 3-20 Juli mendatang. Dengan keputusan tersebut, sekolah yang memasuki tahun ajaran baru kembali harus dilakukan secara daring.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Indonesia sudah berlangsung sekitar satu setengah tahun. Selama ini, beberapa sekolah menggunakan beberapa platform konferensi video untuk melakukan PJJ, salah satunya adalah Zoom Meetings.

Baca juga: Fitur Google Meet yang Perlu Diketahui Siswa untuk PJJ, Salah Satunya Bisa Hemat Kuota

Platform ini sendiri melejit di awal pandemi, karena dinilai cukup mudah digunakan dibanding platform lain sejenisnya. Bagi yang baru pertama kali atau masih jarang menggunakan Zoom, ada beberapa tips dan trik Zoom yang bisa dicoba.

1. Mematikan microfon Zoom (mute, diam)

Ada dua cara untuk menon-aktifkan suara (mute). Pertama, dengan mengeklik ikon mikrofon seperti pada gambar di bawah ini.

Cara menon-aktifkan audio (mute) saat melakukan video konferensi Zoom.Kompas.com Cara menon-aktifkan audio (mute) saat melakukan video konferensi Zoom.

Cara kedua yang bisa dilakukan jauh lebih mudah, yakni dengan menekan tombol space bar (tombol panjang yang ada di sisi bawah keyboard/ tombol spasi) jika menggunakan komputer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Blur Background Zoom (latar belakang)

Jika tidak ingin menampilkan latar belakang saat melakukan konferensi video, Zoom memiliki fitur blur background. Dengan fitur ini, latar belakang akan berubah menjadi efek bokeh atau blur. Cara mengganti background blur di Zoom sangat mudah.

1. Di sisi bawah layar, terdapat ikon video.
2. Kemudian, klik anak panas ke atas, lalu pilih "choose virtual background".
3. Pilih opsi "virtual background"
4. Terakhir, pilih "blur". Maka latar belakang akan berubah menjadi blur.

3. Mengganti latar belakang Zoom selain blur

Selain opsi "blur", kamu juga bisa memilih latar belakang dengan pemandangan lain. Untuk mengubah background, lakukan langkah 1-3 seperti pada saat mengganti background blur Zoom.

Cara mengganti background Zoom.Kompas.com Cara mengganti background Zoom.

Setelah memilih "virtual background", pilih beberapa opsi gambar latar belakang bawaan, seperti "earth", "San Francisco", atau "grass".

4. Tambahkan filter virtual Zoom

Pengguna juga bisa mengganti background dengan filter. Background dan filter Zoom adalah dua fitur yang berbeda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.