Video: Selamat Datang 5G di Indonesia, Internet Cepat Buat Apa?

Kompas.com - 14/07/2021, 19:21 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G

KOMPAS.com - Jaringan internet 5G akhirnya hadir di Indonesia. Setidaknya sudah ada dua operator seluler yang sudah resmi menggelar internet generasi kelima itu secara komersial.

Telkomsel menjadi operator pertama yang resmi menggelar 5G secara komersil pada 27 Mei lalu. Tak berapa lama kemudian, Indosat Ooredoo menyusul dengan mengumumkan jaringan 5G miliknya pada 22 Juni.

Namun, akses jaringan 5G dari kedua operator itu masih terbatas. Jaringan 5G hanya hadir di beberapa kota terpilih saja, seperti Jabodetabek, Solo, Surabaya, atau Makassar.

Itupun belum semua wilayah terjangkau, hanya di titik-titik tertentu, seperti area residensial. Belum lagi, tidak semua ponsel 5G yang sudah dipasarkan di Indonesia, kompatibel dengan jaringan 5G Telkomsel atau Indosat.

Baca juga: Daftar Negara dengan Kecepatan Internet 5G Terkencang

Pasalnya, pita (band) yang terpasang di perangkat belum tentu sesuai dengan spektrum yang digunakan operator seluler untuk menggelar jaringan 5G.

Hal ini menimbulkan pertanyaan beberapa pengguna internet di Indonesia, apakah nantinya semua ponsel 5G akan bisa terkoneksi dengan jaringan 5G di Tanah Air? Lalu, seberapa besar benefit internet 5G bagi industri maupun masyarakat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembahasan tersebut KompasTekno angkat dalam obrolan ringan di program "AntarMuka" episode: "Internet 5G Buat Apa Sih? Semua HP Bakal Bisa 5G?" yang tayang di kanal YouTube Tech by Kompas.

Baca juga: Indonesia Bakal Punya Jalan Tol 5G hingga 1.300 MHz Pada 2024

Dalam episode ini, KompasTekno turut mengajak Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia untuk ikut memberikan perspektif tentang 5G di Indoneisa dari industri smartphone.

Video "AntarMuka" episode: "Internet 5G Buat Apa Sih? Semua HP Bakal Bisa 5G?" bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.