Indonesia Peringkat 2 Dunia Terlama Buka Aplikasi di Smartphone

Kompas.com - 18/07/2021, 10:27 WIB
Ilustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi Instagram, YouTube, Netflix, Twitter, WhatsApp, Telegram di Android.

KOMPAS.com - Perusahaan analitik dan data mobile App Annie menganalisis waktu penggunaan aplikasi di sejumah negara di dunia, termasuk Indonesia untuk kuartal II-2021.

Dalam laporan terbarunya, App Annie menyebut pengguna internet di Indonesia menghabiskan 5,3 jam waktunya untuk menggunakan aplikasi yang ada di ponsel mereka. Menurut App Annie, durasi tersebut naik 35 persen dari kuartal II-2019.

Indonesia berada di urutan kedua setelah Brasil yang rata-rata pengguna internet di sana menghabiskan waktu selama 5,4 jam untuk menggunakan aplikasi via smartphone. Angka tersebut naik 30 persen dari periode yang sama tahun 2019.

Baca juga: Kemendag: 6,5 Juta Orang Indonesia Jual Beli Kripto, Total Transaksi Capai Rp 370 Triliun

Dari seluruh negara yang disurvei, hanya Indonesia dan Brasil yang durasi penggunaan aplikasi tembus hingga 5 jam. Sementara itu, Rusia dan Turki menjadi negara yang mengalami lonjakan tajam untuk durasi waktu penggunaan aplikasi.

Di Rusia, waktu penggunaan aplikasi di sana naik 45 persen dari kuartal II-2019 menjadi 3,7 jam. Sementara di Turki, naik 40 persen menjadi 4,5 jam. Secara global, penggunaan aplikasi harian naik 45 persen dibanding kuartal II-2021.

Grafis durasi waktu yang dihabiskan pengguna internet dalam menggunakan apliaksi di delapan wilayah di seluruh dunia versi App Annie.App Annie Grafis durasi waktu yang dihabiskan pengguna internet dalam menggunakan apliaksi di delapan wilayah di seluruh dunia versi App Annie.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dihimpun KompasTekno dari situs App Annie, Minggu (18/7/2021), peningkatan ini sebagian besar didorong oleh pandemi Covid-19 yang membuat hampir sebagian besar penduduk dunia banyak beraktivitas secara digital.

Lonjakan ini berimbas pada total belanja aplikasi secara global yang mencapai 34 miliar dollar AS atau sekitar Rp 493 triliun (kurs Rp 14.500) pada kuartal II-2021.

Angka tersebut naik 7 miliar (sekitar Rp 101,6 triliun). Sebagai perbandingan, pada kuartal I-2021, total belanja aplikasi tahunan mencapai 32 miliar dollar AS (sekitar 465 triliun).

Baca juga: Belanja Aplikasi Tembus Rp 942 Triliun, Pengguna Android atau iOS yang Paling Royal?

Pengguna iOS lebih banyak belanja aplikasi dibanding pengguna Android. Mereka mengeluarkan uang untuk belanja aplikasi gaming lebih dari 20 miliar dollar AS (sekitar 290 triliun) pada kuartal II-2021.

Sementara pengguna Android menghabiskan sekitar lebih dari 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 145 triliun) untuk aplikasi yang sama.

Perbandingan belanja aplikasi antara pengguna iOS dan Google Play Store sepanjang kuartal Ii-2021 versi App Annie.App Annie Perbandingan belanja aplikasi antara pengguna iOS dan Google Play Store sepanjang kuartal Ii-2021 versi App Annie.

Halaman:


Sumber App Annie
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.