Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Berikutnya Bakal Punya Kamera seperti Oppo dan Samsung

Kompas.com - 18/07/2021, 13:29 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah smartphone flagship Android kekinian, seperti Oppo Find X3 Pro, Huawei P40 Pro Plus hingga Samsung Galaxy S21 Ultra, dibekali dengan kamera telefoto mumpuni yang mekanisme kerjanya mirip kamera "periskop" di kapal selam.

Untuk bisa memotret obyek jarak jauh, kamera periskop di kedua ponsel tersebut mengandalkan kaca prisma yang bisa memantulkan cahaya berkali-kali lipat, hingga akhirnya menimbulkan efek magnifikasi pada gambar.

Kini, ponsel bikinan Apple, iPhone disinyalir bakal dibekali kamera periskop dengan mekanisme serupa. Hal ini mencuat berdasarkan sebuah paten yang dikuak oleh pembocor ulung PatentlyApple.

Bahkan, paten yang berjudul "Folded camera" tersebut baru-baru ini telah disetujui oleh kantor paten AS (USPTO), sehingga Apple diizinkan untuk menggunakannya dalam produk mereka di masa depan.

Cara kerja kamera periskop yang dituangkan di paten terbaru milik Apple.PatentlyApple Cara kerja kamera periskop yang dituangkan di paten terbaru milik Apple.

Nah, berdasarkan ilustrasi gambar paten di atas, mekanisme kerja kamera periskop di iPhone akan mengandalkan sebuah prisma (AX1) yang bisa membelokkan cahaya dari arah depan lensa.

Lalu, cahaya tersebut akan melewati tumpukan lensa kamera (AX2) agar bisa diatur elemennya, seperti tingkat autofocus, intensitas cahaya, dan lain sebagainya.

Terakhir, cahaya tersebut akan dipancarkan kembali menuju prisma lainnya (AX3) dan kemudian dibelokkan hingga dapat diproses di sensor gambar yang terletak di bawahnya. 

Hasilnya, gambar yang dibidik, yang berasal dari cahaya tadi, akan memiliki efek pembesaran mumpuni tanpa memperburuk kualitas gambar.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Perlu dicatat, ilustrasi gambar di atas menampilkan cara kerja kamera periskop secara horisontal.

Apabila gambar itu diputar dan tampil secara vertikal, maka sensor gambar (yang ditandai dengan angka 120) akan terlihat diposisikan menyamping (folded), suatu hal yang lumrah di mekanisme kamera periskop.

Disebut lumrah karena desain semacam ini memungkinkan lensa telephoto, yang notabene panjang secara fisik, bisa ditempatkan sepenuhnya di dalam bodi ponsel yang ramping, alih-alih menonjol ke luar seperti pada kamera konvensional.

Baca juga: Alasan RAM iPhone Lebih Kecil Dibanding Android

iPhone 2022 atau 2023?

Kendati cara kerjanya sudah dikuak, belum bisa dipastikan kapan kamera periskop tersebut disematkan ke iPhone.

Namun menurut sejumlah rumor, teknologi kamera kekinian ini kemungkinan bakal diwujudkan dalam iPhone yang dirilis 2022 atau 2023 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Minggu (18/7/2021).

Meski demikian, hal itu belum bisa dipastikan. Sebab, Apple sendiri konon kesulitan menyematkan teknologi kamera periskop ke ponsel besutannya karena sudah banyak vendor smartphone yang mematenkannya.

Satu hal yang pasti, kehadiran paten ini tentu saja membuka harapan bagi para penggemar iPhone yang menginginkan kamera telefoto mumpuni, alih-alih memilih ponsel Android untuk menjajal teknologi tersebut.

Baca juga: Bocoran Wujud Asli iPhone 13, iPhone 13 Mini, Pro, dan Pro Max

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com