iPhone Berikutnya Bakal Punya Kamera seperti Oppo dan Samsung

Kompas.com - 18/07/2021, 13:29 WIB
Ilustrasi ponsel dengan lensa periskop MashableIlustrasi ponsel dengan lensa periskop
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sejumlah smartphone flagship Android kekinian, seperti Oppo Find X3 Pro, Huawei P40 Pro Plus hingga Samsung Galaxy S21 Ultra, dibekali dengan kamera telefoto mumpuni yang mekanisme kerjanya mirip kamera "periskop" di kapal selam.

Untuk bisa memotret obyek jarak jauh, kamera periskop di kedua ponsel tersebut mengandalkan kaca prisma yang bisa memantulkan cahaya berkali-kali lipat, hingga akhirnya menimbulkan efek magnifikasi pada gambar.

Kini, ponsel bikinan Apple, iPhone disinyalir bakal dibekali kamera periskop dengan mekanisme serupa. Hal ini mencuat berdasarkan sebuah paten yang dikuak oleh pembocor ulung PatentlyApple.

Bahkan, paten yang berjudul "Folded camera" tersebut baru-baru ini telah disetujui oleh kantor paten AS (USPTO), sehingga Apple diizinkan untuk menggunakannya dalam produk mereka di masa depan.

Cara kerja kamera periskop yang dituangkan di paten terbaru milik Apple.PatentlyApple Cara kerja kamera periskop yang dituangkan di paten terbaru milik Apple.

Nah, berdasarkan ilustrasi gambar paten di atas, mekanisme kerja kamera periskop di iPhone akan mengandalkan sebuah prisma (AX1) yang bisa membelokkan cahaya dari arah depan lensa.

Lalu, cahaya tersebut akan melewati tumpukan lensa kamera (AX2) agar bisa diatur elemennya, seperti tingkat autofocus, intensitas cahaya, dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, cahaya tersebut akan dipancarkan kembali menuju prisma lainnya (AX3) dan kemudian dibelokkan hingga dapat diproses di sensor gambar yang terletak di bawahnya. 

Hasilnya, gambar yang dibidik, yang berasal dari cahaya tadi, akan memiliki efek pembesaran mumpuni tanpa memperburuk kualitas gambar.

Baca juga: Begini Cara Kerja Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Perlu dicatat, ilustrasi gambar di atas menampilkan cara kerja kamera periskop secara horisontal.

Apabila gambar itu diputar dan tampil secara vertikal, maka sensor gambar (yang ditandai dengan angka 120) akan terlihat diposisikan menyamping (folded), suatu hal yang lumrah di mekanisme kamera periskop.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.