Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zuckerberg Ungkap Konten yang Makin Diminati Pengguna Facebook

Kompas.com - 29/07/2021, 19:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Pengguna Facebook sebelumnya lebih banyak mengonsumsi konten-konten berupa status teman, foto, dan informasi berupa teks. Kini, ada konten yang makin digandrungi pengguna Facebook, yaitu video.

Hal ini diungkap langsung oleh pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, baru-baru ini.

"Video sekarang menyumbang hampir setengah dari total waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook," kata Zuckerberg dalam pemaparan laporan keuangan perusahaan kuartal II-2021, baru-baru ini.

Kendati demikian, Zuckerberg tidak memberikan informasi spesifik berapa sebenarnya total waktu yang dihabiskan pengguna di platformnya.

Namun, sebagai gambaran, menurut data di situs Oberlo, pengguna di Amerika Serikat (AS) sendiri rata-rata menghabiskan 35 menit dalam sehari untuk mengakses Facebook pada 2020.

Sementara pada 2021 ini, pengguna AS diestimasikan menghabiskan waktu 33 menit di platform Facebook. Itu baru angka di wilayah AS, belum secara global.

Selain itu, konten video, terutama video pendek, juga semakin bersemi di platform Instagram. Indikasinya, menurut Zuckerberg, fitur video pendek Reels ini menjadi penyumbang terbesar untuk pertumbuhan engagement di Instagram itu sendiri.

Baca juga: Deretan Inovasi Instagram yang "Meniru" Snapchat, TikTok, dan YouTube

Di samping itu, sedikit membahas bisnis Facebook, pada kuartal II-2021 ini, Facebook mencatatkan pertumbuhan pendapatan kuartal terkuatnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pendapatan Facebook pada periode ini tercatat lebih dari 29 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 420 miliar. Angka ini naik 56 persen dibandingkan pendapatan Facebook di periode yang sama tahun 2020.

Perusahaan juga melaporkan ada lebih dari 3,5 miliar pengguna aktif bulanan di Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Cara Memotong Video untuk Diunggah ke IG Stories dan Status WhatsApp

Insentif untuk kreator

Facebook sendiri saat ini tengah berupaya menjaring lebih banyak kreator ke jejaring sosial miliknya dengan menjanjikan adanya bayaran dari Facebook dengan total Rp 14,5 triliun.

Pengumuman soal bayaran langsung ini disampaikan langsung oleh Zuckerberg dalam sebuah posting yang diunggah ke akun Facebook miliknya, pada pertengahan Juli ini.

"Kami menggelar program-program baru untuk menginvestasikan lebih dari 1 miliar dollar AS sebagai penghargaan kreator yang membuat konten bagus di Facebook dan Instagram hingga 2022," tulis Zuckerberg.

Menurut informasi yang dihimpun dari New York Times, nantinya kreator bisa mendapatkan bayaran uang dengan menggunakan fitur tertentu di Facebook dan Instagram, atau dengan mencapai milestone tertentu.

Baca juga: TikTok Jadi Aplikasi Paling Laris, Kalahkan Facebook Sekeluarga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com