Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riwayat Twitter Fleets, dari Memicu Perdebatan, Sepi Peminat, hingga Akhirnya Ditutup

Kompas.com - 04/08/2021, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Selamat tinggal Fleets! Seperti janjinya, Twitter resmi memensiunkan fitur Fleets mulai hari Rabu (4/8/2021). Deretan Fleets yang biasa menghiasai sisi atas linimasa pun tak lagi ditemui warganet pagi ini.

Jika dihitung sejak peluncurannya secara publik pertama kali, usia Fleet belum genap setahun.
Hanya sekitar 9 bulan saja.

Baca juga: Fleets Hilang dari Twitter, Netizen Ucapkan Perpisahan

Usia itu terbilang singkat untuk sebuah fitur media sosial yang telah resmi diumumkan ke publik. Sepanjang kiprahnya yang hanya seumur jagung, Fleet ramai diperbincangkan. Banyak yang suka maupun tidak.

Memicu pro dan kontra

Perdebatan pro dan kontra mengenai Fleets sudah muncul di awal peluncurannya. Salah satu alasan menentang Fleet adalah karena fitur tersebut amat mirip dengan Instagram Stories.

Bagi mereka yang kontra, kemiripan itu membuat "keunikan" Twitter berkurang dan menjadi sama saja dengan sebagian besar media sosial yang ada saat ini.

Sudah cukup banyak platform media sosial yang memiliki fitur ala Stories, yang sebenarnya pertama kali dipopulerkan oleh Snapchat sebelum dicontek oleh Instagram.

Baca juga: Fiturnya Dijiplak Instagram dan Twitter, Snapchat Buka Suara

Keluarga besar Facebook, yakni WhatsAppp, Instagram, bahkan Facebook sendiri pun memiliki fitur Stories di platform masing-masing.

Pengguna lain berpendapat, mereka lebih nyaman dengan karakter Twitter selama ini, tanpa harus ditambah fitur Fleets. Rata-rata pendapat itu datang dari "penghuni" lama Twitter yang mengikuti setiap pembaruan fitur mikroblogging tersebut.

Ada pula pengguna yang mengatakan bahwa seharusnya Twitter fokus mengembangkan fitur penting, seperti tombol edit yang sudah bertahun-tahun dinantikan kehadirannya.

Twitter sendiri pun menyadari sadar tidak semua pengguna menyambut hangat kedatangan Fleets. "Beberapa dari kalian membenci. Tapi kami melihat Anda (membuat) Fleets," tulis akun resmi Twitter, mengisyaratkan optimisme dengan fitur Fleets  beberapa waktu lalu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.