10 Sumber Pendapatan YouTuber, dari Iklan, Stiker, hingga Shorts

Kompas.com - 05/08/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi YouTube androidcentral.comIlustrasi YouTube
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kreator konten YouTube atau yang kerap disebut YouTuber, kini menjadi salah satu profesi yang dilirik banyak orang dari berbagai kalangan. Alasan untuk menjadi seorang YouTuber pun umumnya didasari oleh pendapatan yang bisa berjumlah besar.

Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl mengatakan bahwa saat ini ada beberapa cara monetisasi yang dibuat, agar para konten kreator dapat lebih betah dan terus berkreasi di YouTube.

Menurut Robert, inovasi ini dibuat untuk memberikan lebih banyak pilihan pada kreator untuk mendulang pendapatan di YouTube.

Baca juga: YouTuber Pengulas Gadget Ternama Beberkan Strategi Dapat Uang dari YouTube

"Saat ini, YouTube sudah menjadi tujuan dan wadah bagi para konten kreator untuk menjangkau audiens baru, terhubung dengan penggemar mereka, dan membangun bisnis yang menjanjikan," kata Robert dalam sebuah posting blog.

Ada sejumlah sumber pendapatan YouTuber untuk mendapatkan uang, yang bisa dilakukan oleh konten kreator. Apa saja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut daftar 10 sumber pendapatan YouTuber, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog YouTube, Kamis (5/8/2021).

1. Shorts Fund

Sebagai bentuk dukungan kepada para konten kreator, YouTube merilis program monetisasi baru bernama Shorts Fund yang memungkinkan kreator dapat memperoleh tambahan pendapatan.

Program ini ditujukan khusus untuk kreator yang menghasilkan video Shorts paling menarik dan paling banyak dilihat selama tahun 2021 hingga 2022.

Baca juga: Kreator YouTube Shorts dari Indonesia Bisa Dapat Gaji hingga Rp 140 Juta Per Bulan

Nantinya, kreator yang sesuai dengan kriteria akan menerima bayaran gaji berkisar antara 100 dollar AS hingga 10.000 dollar AS setiap bulannya, atau setara dengan Rp 1,4 juta hingga Rp 143 juta.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program Shorts Fund dan persyaratannya, silakan kunjungi laman Support YouTube di tautan berikut.

2. Iklan (AdSense)

AdSense merupakan sumber pendapatan YouTuber terpopuler, ini adalah program kerja sama periklanan yang dikelola oleh Google. Selain YouTuber, para blogger dan pemilik website juga bisa memanfaatkan AdSense untuk mendapatkan iklan.

Untuk bisa mendapatkan Adsense, YouTuber harus memiliki minimal 1.000 subscriber (pelanggan) dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Setelah akun Google tertaut dengan AdSense, setiap video yang ditonton minimal 30 detik akan terhitung dan dikonversikan ke AdSense.

Baca juga: Resmi, Syarat untuk Dapat Uang dari YouTube Makin Berat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.